Pengaruh perhatian orang tua, respon pada iklan, intensitas pergaulan teman sebaya, dan pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi terhadap perilaku konsumsi siswa kelas VII SMPN 2 Nglegok Kabupaten Blitar tahun ajaran 2015/2016 / Fitri Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh perhatian orang tua, respon pada iklan, intensitas pergaulan teman sebaya, dan pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi terhadap perilaku konsumsi siswa kelas VII SMPN 2 Nglegok Kabupaten Blitar tahun ajaran 2015/2016 / Fitri Wulandari

Wulandari, Fitri (2016) Pengaruh perhatian orang tua, respon pada iklan, intensitas pergaulan teman sebaya, dan pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi terhadap perilaku konsumsi siswa kelas VII SMPN 2 Nglegok Kabupaten Blitar tahun ajaran 2015/2016 / Fitri Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulandari Fitri.2016.Pengaruh Perhatian Orang Tua Respon pada Iklan Intensitas Pergaulan Teman Sebaya dan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi terhadap Perilaku Konsumsi SiswaKelas VII SMPN 2 Nglegok Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hari Wahyono M.pd (II) Dr. Agung Haryono S.E M.P Ak Kata kunci perhatian orang tua respon pada iklan intensitas pergaulan teman sebaya pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi perilaku konsumsi Perilaku konsumsi adalah cara atau pola konsumsi seseorang untuk memenuhi segala kebutuhannya dengan membeli dan menggunakan barang dan jasa secara rasional.Untuk memenuhi kebutuhan dituntut untuk dapat memilih apa yang hendak dikonsumsi agar tidak menimbulkan membeli sesuatu yang tidak digunakan dan membeli sesuatu yang berlebih atau sering disebut perilaku konsumtif. Perilaku konsumsi siswa dipengaruhi beberapa faktor seperti perhatian orang tua respon pada iklan intensitas pergaulan teman sebaya dan pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pembahasan mengenai pengaruh perhatian orang tua respon pada iklan intensitas pergaulan teman sebaya dan pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi terhadap perilaku konsumsi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pengaruh perhatian orang tua respon pada iklan intensitas pergaulan teman sebaya dan pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi terhadap perilaku konsumsi siswa kelas VII SMPN 2 Nglegok. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif. Data penelitian yang digunakan yaitu berupa angka-angka atau diangkakan. Data kuantitatif yang diangkakan pada penelitian ini adalah data yang diperoleh dari kuisoner atau angket dan teknik tes. Untuk menjaga keabsahan data digunakan uji validitas dan uji reabilitas data sebelum melakukan penelitian. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap analisis statistik deskriptif Uji Normalitas Analisis regresi linier berganda Uji asumsi klasik (uji heterokesdastisitas uji multikolinearitas) pengujian hipotesis ( uji t uji F Koefisien determinasi (R2) dan Sumbangan Efektif). Berdasarkan analisis data tersebut diperoleh lima simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap perilaku konsumsi siswa kelas VII SMPN 2 Nglegok. Kedua Ada pengaruh yangpositif dan signifikan antara respon pada iklan terhadap perilaku konsumsi siswa kelas VII SMPN 2 Nglegok. Ketiga Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara intensitas pergaulan teman sebaya terhadap perilaku konsumsi siswa kelas VII SMPN 2 Nglegok. Keempat Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pemahaman pada mata pelajaran ekonomi terhadap perilaku konsumsi siswa kelas VII SMPN 2 Nglegok. Kelima Respon pada Iklan merupakan variabel dominan mempengaruhi perilaku konsumsi siswa kelas VII SMPN 2 Nglegok. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat Bagi Guru SMPN 2 Nglegok untuk selalu lebih membimbing siswa untuk memahami ilmu ekonomi bukan hanya sekedar menghafal namun juga menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari seperti cara berkonsumsi yang rasional.Bagi sekolah Hendaknya pihak sekolah dapat mengoptimalkan dalam peningkatan pembelajaran ekonomi baik di dalam sekolah maupun di luar pembelajaran di luar kelas penanaman hidup hemat seperti mensosialisasikan manfaat dari menabung pengarahan untuk berinteraksi dengan teman sebaya yang positif dan wajar yang dapat mendukung kualitas siswa seperti melakukan kegiatan konsumsi yang rasional dan penelitian ini dapat dijadikan wacana untuk di komunikasikan kepada orang tua siswa agar mengarahkan anak dalam hal finansial dan Bagi peneliti lain Diharapkan dapat melakukan penelitian terhadap variabel-variabel lain yang terkait dengan perhatian orang tua respon pada iklan intensitas pergaulan teman sebaya dan pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi dan perilaku konsumsi sehingga berguna sebagai tambahan pengetahuan kajian dan referensi untuk permasalahan yang terkait dengan masalah dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39544

Actions (login required)

View Item View Item