Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru ekonomi dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa kel;as XI IPS SMA Negeri 2 Malang pada mata pelajaran ekonomi tahun 2015/2016 / Reizky Rino Dwi Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru ekonomi dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa kel;as XI IPS SMA Negeri 2 Malang pada mata pelajaran ekonomi tahun 2015/2016 / Reizky Rino Dwi Prasetyo

Prasetyo, Reizky Rino Dwi (2016) Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru ekonomi dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa kel;as XI IPS SMA Negeri 2 Malang pada mata pelajaran ekonomi tahun 2015/2016 / Reizky Rino Dwi Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prasetyo Reizky R. D. 2016. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru Ekonomi dan Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Malang pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.A. Ali Wafa M.Pd. (II) Ro ufah Inayati S.Pd. M.Pd. Kata Kunci persepsi kompetensi guru lingkungan sekolah hasil belajar Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor internal yang meliputi faktor kesehatan psikologis dan kelelahan serta faktor eksternal yaitu faktor keluarga sekolah dan masyarakat. Adapun faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah faktor sekolah yang meliputi kompetensi guru dan lingkungan sekolah. Guru memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran hal ini dikarenakan guru berinteraksi langsung dengan siswa merencanakan melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran. Seorang guru dikatakan guru yang baik apabila memiliki kemampuan atau kompetensi yaitu seperangkat kemampuan sehingga dapat mewujudkan kinerja keguruannya. Kompetensi tersebut meliputi kompetensi kepribadian pedagogik sosial dan profesional. Selain itu lingkungan sekolah yang baik juga memegang peranan penting bagi perkembangan belajar para siswa. Lingkungan tersebut meliputi sarana pembelajaran prasarana pembelajaran kurikulum sekolah standar mata pelajaran disiplin sekolah waktu sekolah dan relasi siswa dengan warga sekolah. Hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Malang tergolong rendah yang dilatarbelakangi kurangnya semangat belajar siswa. Kurangnya semangat belajar ini disebabkan oleh guru yang selalu menggunakan model pembelajaran yang kurang variatif yang membuat siswa menjadi bosan dan kurang berkonsenterasi saat belajar. Hal lain adalah faktor kelelahan yang disebabkan oleh durasi waktu sekolah yang panjang yang tidak diimbangi oleh jam istirahat yang cukup. Hal ini menyebabkan siswa menjadi malas belajar yang berdampak pada hasil belajar yang rendah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Malang tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 114 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini berdasarkan rumus Slovin dengan menggunakan teknik random sampling dan diperoleh 89 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru Ekonomi (X1) terhadap hasil belajar siswa (Y) sebesar 40 4% dan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 000 945 (0 05). (2) Terdapat pengaruh persepsi siswa tentang lingkungan sekolah (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y) sebesar 27 5% dan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 002 945 (0 05). (3) Terdapat pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru Ekonomi (X1) dan lingkungan sekolah (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y) sebesar 67 9% dan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 000 945 (0 05). Saran yang diajukan adalah (1) bagi guru Ekonomi diharapkan terus mengembangkan kemampuan dan kompetensi keguruannya melalui pelatihan-pelatihan agar guru dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya sehingga menimbulkan persepsi yang positif pada siswa sehingga tujuan pembelajaran tercapai. (2) Bagi SMA Negeri 2 Malang diharapkan dapat terus meningkatkan kualitas lingkungan sekolah baik dari segi fisik maupun non fisik demi tercapainya lingkungan sekolah yang kondusif dan akademis untuk mendorong siswa berprestasi. Hal yang sangat penting dan perlu ditingkatkan adalah penggunaan atau pemanfataan fasilitas belajar bagi siswa dan guru sehingga kondisi sarana dan prasarana belajar yang sudah baik dan lengkap tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Disiplin sekolah perlu ditingkatkan seperti pengawasan yang lebih intensif terhadap kedisiplinan siswa. Waktu sekolah sebaiknya diatur lebih lanjut terutama penetapan waktu istirahat sehingga dengan alokasi waktu istirahat yang cukup siswa dapat kembali siap untuk menerima materi pelajaran berikutnya. (3) Bagi peneliti selanjutnya hendaknya dapat mengembangkan variabel penelitian sehingga penelitian menjadi lebih baik lagi. Peneliti menyarankan peneliti selanjutnya untuk mengembangkan variabel selain kompetensi guru dan lingkungan sekolah yang merupakan faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar juga meneliti faktor internal seperti keadaan fisik dan psikologi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39541

Actions (login required)

View Item View Item