Setyawan, Bagus Panggalih (2016) Penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan pemberian reward berbasis lesson study untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X lintas minat ekotansi 5 SMA Negeri 2 Batu semester genap tahun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Setyawan Bagus Panggalih. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan Pemberian Reward Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Lintas Minat Ekotansi 5 SMA Negeri 2 Batu. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Agung Haryono SE. M.P. Ak. (2) Drs. H. Sapir S.sos M.Si. Kata Kunci Student Facilitator and Explaining (SFE) Reward Lesson Study Keaktifan Belajar Siswa Prestasi Belajar Siswa. Kurikulum 2013 menganjurkan bagi para guru untuk melaksanakan proses pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered). Sejalan dengan hal tersebut model pembelajaran yang digunakan oleh guru harus dapat memacu antusias siswa dalam mengikuti proses pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan pemberian reward merupakan salah satu model pembelajaran yang akan memberikan peran yang lebih kepada siswa yang dimana siswa dituntut untuk menjelaskan kembali materi kepada siswa yang lain di depan kelas. Bagi siswa yang berani menerapkan SFE di depan kelas akan mendapat reward dari guru berupa poin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keterlaksanaan model SFE dapat berjalan dengan baik jika diterapkan serta untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran SFE mampu meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas X Lintas Minat Ekotansi 5 SMAN 2 Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan berbasis lesson study. Data dari penelitian ini menggunakan instrumen lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran lembar observasi keaktifan belajar siswa dokumentasi lembar lesson study report soal pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan di kelas X Lintas Minat Ekotansi 5 SMAN 2 Batu dapat disimpulkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan pemberian Reward berbasis Lesson Study pada mata pelajaran ekonomi berjalan dengan baik sesuai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. (2) Penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan pemberian Reward berbasis Lesson Study dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. (3) Penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan pemberian Reward berbasis Lesson Study dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Saran yang dapat penulis berikan dari penelitian ini adalah (1) Bagi guru dapat menerapkan model SFE dengan pemberian reward untuk memecahkan masalah keaktifan dan belajar siswa. (2) Bagi peneliti selanjutnya silahkan untuk menerapkan model pembelajaran SFE dengan memodifikasi sesuai dengan karakter dan kondisi siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39540 |
Actions (login required)
View Item |