Prasetyaningrum, Rahmasari (2016) Pengaruh kebiasaan belajar dan persepsi siswa tentang variasi gaya mengajar guru terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMA Laboratorium UM Malang tahun ajaran 2015/2016 / Rahmasari Prasetyaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Prasetyaningrum Rahmasari. 2016. Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Persepsi Siswa Tentang Variasi Gaya Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Laboratorium UM Malang Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. A. Ali Wafa M.Pd (II) Ro ufah Inayati M.Pd Kata Kunci kebiasaan belajar persepsi siswa tentang variasi gaya mengajar guru dan hasil belajar. Hasil belajar merupakan tolak ukur utama untuk mengetahui keberhasilan belajar siswa. Hasil belajar siswa kelas X IPS SMA Laboratorium UM Malang berbeda-beda.Hasil belajar siswa kelas X IPS SMA Laboratorium UM Malang pada penelitian ini dipengaruhi oleh kebiasaan belajar dan variasi gaya mengajar guru dilihat dari persepsi siswa. Kebiasaan belajar yang teratur atau berkesinambungan serta variasi gaya mengajar guru yangdapat mengatasi kebosanan siswa sehingga siswa senantiasa menunjukkan ketekunan antusiasme serta penuh partisipasi saat proses belajar mengajar berlangsung akan mempengaruhi pencapaian hasil belajar siswa yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMA Laboratorium UM Malang (2) Pengaruh persepsi siswa tentang variasi gaya mengajar guru terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMA Laboratorium UM Malang (3) Pengaruh kebiasaan belajar dan persepsi siswa tentang variasi gaya mengajar guru terhadap hasil belajar matapelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMA Laboratorium UM Malang. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Laboratorium UM Malang yang berjumlah 127. Sampel yang diambil sebanyak 96 siswa berdasarkan rumus Slovin dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunkan angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan program IBM SPSS Statistic 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMA Laboratorium UM Malang (2) Terdapat pengaruh positif antara persepsi siswa tentang variasi gaya mengajar guru terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMA Laboratorium UM Malang (3) Terdapat pengaruh positif antara kebiasaan belajar dan persepsi siswa tentang variasi gaya mengajar guru terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMA Laboratorium UM Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39537 |
Actions (login required)
View Item |