Implementasi model pembelajaran tipe Time Token Arends (TTA) untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS 1 SMA Al-Rifa'ie Gondanglegi Kabupaten Malang / Nurul Alfiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model pembelajaran tipe Time Token Arends (TTA) untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS 1 SMA Al-Rifa'ie Gondanglegi Kabupaten Malang / Nurul Alfiah

Alfiah, Nurul (2016) Implementasi model pembelajaran tipe Time Token Arends (TTA) untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS 1 SMA Al-Rifa'ie Gondanglegi Kabupaten Malang / Nurul Alfiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Alfiah Nurul. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Arends (TTA) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IIS 1 SMA Al-Rifa ie Gondanglegi Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo M.Div. M.E(II) Drs. H. Achmad Ali Wafa Kata Kunci Metode Time Token Arends Kemampuan Berkomunikasi Hasil Belajar Hasil observasi awal yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa kemampuan berkomunikasi siswa kelas X IIS 1 tergolong rendah yakni dengan rata-rata klasikal 28 28% kemampuan berkomunikasi saat proses pembelajaran ini berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah juga. Hal ini terlihat saat Ujian Tengah Semster siswa persentase ketuntasan hanya 9 09% atau hanya 3 siswa yang tuntas. Model pembelajaran koopertif tipte Time Token Arends (TTA) adalah model pembelajaran dengan menggunakan media kartu yang memilikidurasi 30 detik yang digunakanpresentasihasildiskusi mengajukanpertanyaan danmengemukakanpendapat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Penerapan model kooperatif tipe Time Token Arends (TTA) pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS SMA Al-Rifa ie (2) Penerapan model kooperatif tipe Time Token Arends (TTA) untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa kelas X IIS 1 SMA Al-Rifa ie dan (3)Penerapan model kooperatif tipe Time Token Arends (TTA) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IIS 1 SMA Al-Rifa ie. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berlangsung dalam II siklus dengan menggunakan materi mendeskripsikan manajemen. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 1 SMA Al-Rifa ie yang terdiri dari 33 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara dan catatan lapangan. Tahap-tahap dalam penelitian ini meliputi tahap pra tindakan penelitian kegiatan tindakan penelitian dan pelaporan hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil observasi kemampuan berkomunikasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends (TTA) menunjukkan peningkatan yakni pada siklus I sebesar 57 98 % dan pada siklus II meningkat sebesar 24 4% menjadi sebesar 82 38%. Sedangkan hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan yakni pada siklus I sebesar 59 37% dan pada siklus II meningkat sebesar 34 18% menjadi sebesar 93 55% . Kesimpulan yang dapat diperoleh dari pengimplementasi model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends (TTA) yaitu (1)Penerapan model pembelajarankooperatiftipeTime Token Arends(TTA) dapatmeningkatkankemampuanberkomunikasidanhasilbelajarmatapelajaranekonomisiswakelas X IIS 1 SMA Al-Rifa ie(2)Penerapan model pembelajarankooperatiftipeTime Token Arends(TTA) dapatmeningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa kelas X IIS 1 SMA Al-Rifa ie pada mata pelajaran ekonomi (3) Hasil belajar siswa kelas X IIS 1 SMA Al-Rifa ie meningkat setelah diimplementasikannya model pembelajarankooperatiftipeTime Token Arends(TTA). Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu Model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends (TTA) ini dapat digunakan sebagai inovasi model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar siswa dan dalam penerapannya sebaiknya guru menyesuaikan dengan materi yang memungkinkan untuk dilakukannya diskusi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39536

Actions (login required)

View Item View Item