Irawati, Puji (2016) Analisis kemampuan guru mata pelajaran ekonomi dalam pengelolaan kelas X SMAN 8 Malang / Puji Irawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Irawati Puji. 2016. Analisis Kemampuan Guru Mata pelajaran Ekonomi dalam Pengelolaan Kelas X SMAN 8 Malang. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sri Umi Mintarti W. S.E. M.P. Ak. (2) Drs. Prih Hardinto. M.Si. Kata kunci Kemampuan pengelolaan kelas Pengelolaan kelas X SMAN 8 Malang. Kemampuan guru dalam mengelola kelas sangat penting dimana guru akan menciptakan dan memelihara kondisi belajar menjadi optimal dan mengembalikan kegiatan belajar agar kembali optimal apabila terjadi gangguan-gangguan selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam pengelolaan kelas yang meliputi kemampuan memberikan sikap tanggap membagi perhatian memusatkan perhatian kelompok memberikan petunjuk yang jelas menegur memberi penguatan modifikasi tingkah laku mengelola kelompok menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah dan menghindari beberapa kekeliruan dalam kelas. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian fenomenologi karena dalam pelaksanaannya pengamatan bertujuan untuk mengamati peristiwa atau fenomena yang terjadi dilapangan mengenai fakta tentang kemampuan guru mata pelajaran ekonomi dalam pengelolaan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah salah satu guru mata pelajaran ekonomi di kelas X SMAN 8 Malang yang bersertifikasi dan siswa kelas X. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Metode pengumpulan data menggunakan teknik obserasi teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Analisis data menggunakan Reduksi Data (Data Reduction) Penyajian Data (Data Display) dan Menarik Kesimpulan Dan Verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru mata pelajaran ekonomi dalam pengelolaan kelas X SMAN 8 Malang sudah efektif. Pada indikator sikap tanggap membagi perhatian memusatkan perhatian kelompok memberikan petunjuk yang jelas menegur siswa memberi penguatan modifikasi tingkah laku mengelola kelompok menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah dan menghindari beberapa kekeliruan dalam kelas sudah efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39535 |
Actions (login required)
View Item |