Binarni, Rosalina (2016) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada mata pelajaran IPS ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Trowulan Kabupaten Mojokerto / Rosalina Binarni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Binarni Rosalina. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division ) Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-F SMP Negeri 1 Trowulan Kabupaten Mojokerto. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sapir S.Sos. M.Si. (2) Dr. Sugeng Hadi Utomo. M.Ec. Kata Kunci Pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Hasil Belajar Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa dalam pembelajaran IPS Ekonomi melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Trowulan Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara guru IPS Ekonomi kelas VIII-F SMP Negeri 1 Trowulan dengan peneliti. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti pada tanggal 15 September 2015 dengan guru IPS Ekonomi SMP Negeri 1 Trowulan di Kabupaten Mojokerto diketahui bahwa sebagian siswa di kelas VIII-F nilai hasil belajar IPS Ekonomi masih dibawah nilai standart ketuntasan minimum yaitu dibawah 70. Sebagian proses pembelajaran masih didominasi guru dan siswa masih cenderung pasif sedangkan kurikulum KTSP menuntut agar siswa lebih aktif sedangkan guru hanya sebagai fasilitator saja. Sebagian siswa masih kesulitan dalam menguasai materi karena siswa hanya menggunakan LKS sebagai sumber belajar menyebabkan ranah berpikir mereka konvensional dan kurang aktif. Mereka malas untuk mencari sumber belajar lain sehingga kesulitan dalam mengerjakan soal-soal yang mengandung unsur analisis. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu model pembelajaran yang variatif yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa terhadap pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-F.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Trowulan yang berjumlah 31 siswa. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari soal tes observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 22 siswa yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan 9 siswa yang belum tuntas. Sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 29 siswa dan yang tidak tuntas menjadi 2 siswa. Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD juga mengalami peningkatan dari 89 7% menjadi 100%. Dan presentase ketercapaian hasil belajar afektif siswa pada saat pembelajaran STAD juga mengalami peningkatan. Pada siklus I presentase ketercapaian hasil belajar afektif siswa sebesar 78 92% dan pada siklus II presentase ketercapaian hasil belajar afektif siswa sebesar 89 03%. 8195
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39533 |
Actions (login required)
View Item |