Pengaruh financial literacy, status sosial ekonomi orang tua, dan kelompok teman sebaya terhadap perilaku menabung siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang tahun ajaran 2015/2016 / Ditta Kristanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh financial literacy, status sosial ekonomi orang tua, dan kelompok teman sebaya terhadap perilaku menabung siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang tahun ajaran 2015/2016 / Ditta Kristanti

Kristanti, Ditta (2016) Pengaruh financial literacy, status sosial ekonomi orang tua, dan kelompok teman sebaya terhadap perilaku menabung siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang tahun ajaran 2015/2016 / Ditta Kristanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kristanti Ditta. 2016. Pengaruh Financial Literacy Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Menabung Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mardono M.Si. (II) Ro ufah Inayati S.Pd. M.Pd. Kata Kunci financial literacy status sosial ekonomi orang tua kelompok teman sebaya dan perilaku menabung siswa. Siswa kelas XI IPS SMAN 8 Malang memiliki perilaku menabung yang berbeda-beda. Perilaku menabung dipengaruhi oleh faktor internal yaitu financial literacy dan faktor eksternal yaitu status sosial ekonomi orang tua dan kelompok teman sebaya. Rendahnya financial literacy mengakibatkan pengelolaan keuangan yang kurang baik dan masalah yang sering dihadapi adalah pengeluaran tidak terkontrol sehingga menyebabkan siswa kesulitan menabung. Status sosial ekonomi orang tua yang berbeda-beda dan terciptanya kelompok teman sebaya di kelas XI IPS SMAN 8 Malang juga dapat mempengaruhi pembentukan perilaku menabung siswa. Financial literacy status sosial ekonomi orang tua dan kelompok teman sebaya yang baik akan menciptakan perilaku menabung siswa yang baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel financial literacy status sosial ekonomi orang tua dan kelompok teman sebaya terhadap perilaku menabung siswa kelas XI IPS SMAN 8 Malang Tahun Ajaran 2015/2016 baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif eksplanasi. Jumlah populasi sebanyak 104 siswa dan diambil sampel sebanyak 83 siswa berdasarkan rumus Slovin dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan program SPSS 16.00 for Windows.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwafinancial literacy status sosial ekonomi orang tua dan kelompok teman sebaya berpengaruh positif terhadap perilaku menabung siswa kelas XI IPS SMAN 8 Malang Tahun Ajaran 2015/2016 baik secara parsial maupun simultan. Saran yang diberikan penulis dalam penelitian ini adalah (1) Bagi guru Ekonomi hendaknya memberikan pendidikan keuangan yang berhubungan dengan menabung seperti cara berhemat membelanjakan uang berdasarkan anggaran keuangan yang telah di buat dampak hidup boros pada kehidupan dan sebagainya sehingga dapat membentuk perilaku menabung siswa (2) Bagi peneliti selanjutnya apabila hendak melakukan penelitian dengan topik yang sama hendaknya melakukan penelitian dengan mengembangkan indikator dari variabel bebas maupun variabel terikat yang telah diteliti serta dapat menemukan variabel lain yang belum dikaji dalam penelitian ini seperti pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga pembelajaran ekonomi di sekolah dan wirausaha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39532

Actions (login required)

View Item View Item