Penerapan model pembelajaran berbasis portofolio dan debate untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 4 SMAN 1 Lawang tahun ajaran 2015/2016 / Septian Ika Puspita - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran berbasis portofolio dan debate untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 4 SMAN 1 Lawang tahun ajaran 2015/2016 / Septian Ika Puspita

Puspita, Septian Ika (2016) Penerapan model pembelajaran berbasis portofolio dan debate untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 4 SMAN 1 Lawang tahun ajaran 2015/2016 / Septian Ika Puspita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspita Septian Ika. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio dan Debate untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 4 SMAN 1 Lawang Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sri Umi Mintarti Widjaja S.E.M.P.Ak. (II) Dr. Lisa Rokhmani M.Si. Kata Kunci Portofolio Debate Berpikir Kritis Berdasarkan observasi awal siswa-siswi kelas XI IPS 4 SMAN 1 Lawang cenderung pasif dan bersikap acuh tak acuh terhadap guru. Ketika dihadapkan kepada suatu permasalahan ekonomi tanggapan mereka hanya sebatas di permukaan dan tidak bersifat mendalam. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis mereka sangat kurang. Salah satu model pembelajaran yang mampu mendekatkan konsep yang dipelajari dengan realita yang terjadi di lapangan adalah model pembelajaran berbasis portofolio sedangkan salah satu model pembelajaran yang mampu untuk merangsang siswa untuk aktif berpendapat adalah model debate. Kedua model ini dipadukan untuk meningkatkan kemampuan menganalisa sebuah permasalahan sekaligus meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berbasis portofolio dan debate pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 4 SMAN 1 Lawang (2) untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran berbasis portofolio dan debate dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 4 SMAN 1 Lawang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 4 SMAN 1 Lawang tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi soal tes wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dan juga peningkatan nilai aspek afektif siswa. Untuk peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dapat dilihat dari hasil pre-test dan post-test siklus I dan siklus II. Pada saat pre-test siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 1 siswa (3.7%) sedangkan pada saat post-test jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 19 siswa (70.4%). Pada saat pre-test siklus II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 5 siswa (18.5%) sedangkan pada saat post-test jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 25 siswa (92.6%). Secara keseluruhan rata-rata hasil post-test siklus I dan II mengalami peningkatan sebesar 10.9%. Selain dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis penerapan model ini juga dapat meningkatkan nilai aspek afektif siswa. Hal ini terbukti pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa (37.0%) sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 23 siswa (85.2%). Secara keseluruhan rata-rata hasil aspek afektif siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 12.1%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis portofolio dan debate dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan kebijakan pemerintah di bidang moneter dan fiskal. Adapun saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian ini adalah 1) Model pembelajaran berbasis portofolio dan debate disarankan agar diterapkan di SMAN 1 Lawang karena penerapan ini terbukti dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. 2) Model pembelajaran berbasis portofolio dan debate diharapkan dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran untuk materi lain yang memiliki karakteristik sejenis dengan materi kebijakan pemerintah di bidang moneter dan fiskal. 3) Hasil penelitian menggunakan penerapan model pembelajaran berbasis portofolio dan debate ini diharapkan dapat digunakan oleh peneliti lain sebagai acuan dalam melaksanakan pengembangan penelitian yang serupa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39529

Actions (login required)

View Item View Item