Implementasi pembelajaran kooperatif metode cooperative script dipadu dengan NHT (Numbered Heads Together) sebagai upaya untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS 3 MA Almaarif Singosari tahun ajaran 2015/2016 / Dea Syfa Nuraydah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran kooperatif metode cooperative script dipadu dengan NHT (Numbered Heads Together) sebagai upaya untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS 3 MA Almaarif Singosari tahun ajaran 2015/2016 / Dea Syfa Nuraydah

Nuraydah, Dea Syfa (2016) Implementasi pembelajaran kooperatif metode cooperative script dipadu dengan NHT (Numbered Heads Together) sebagai upaya untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS 3 MA Almaarif Singosari tahun ajaran 2015/2016 / Dea Syfa Nuraydah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nuraydah Dea Syfa. 2016. Implementasi Pembelajaran Kooperatif Metode Cooperative Script Dipadu Dengan NHT (Numbered Heads Together) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS3 MA ALMA ARIF Singosari Tahun Ajaran 2015/2016 . Skripsi Program S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Ach. Ali Wafa M.Pd. (II) Drs. Mardono M.Si. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Cooperative Script NHT (Numbered Heads Together) Cooperative Script Dipadu Dengan NHT (Numbered Heads Together) Keaktifan Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi awal diketahui bahwa 1) keaktifan siswa dalam pembelajaran ekonomi sangat rendah. Hal tersebut dikarenakan kurang bervariasinya metode pembelajaran yang dapat mendorong keaktifan siswa dan penggunaan paradigma pembelajaran teacher centered approach. 2) Nilai UTS siswa-siswi kelas XI IPS masih rendah serta banyak yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 75 yang ditetapkan sekolah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MA ALMAARIF Singosari pada bulan november sampai desember 2015 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS3. Intrumen penelitian yang digunakan adalah 1) dokumentasi 2) wawancara 3) lembar observasi aktivitas guru 4) lembar observasi aktivitas siswa 5) catatan lapangan 6) soal tes 7) angket. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan 4 tahap di masing-masing siklusnya yaitu 1) perencanaan tindakan 2) pelaksanaan tindakan 3) observasi tindakan dan 4) refleksi tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran kooperatif metode cooperative script dipadu dengan NHT (Numbered Heads Together) pada siklus I adalah sebesar 81% dan meningkat 13% pada siklus II menjadi 94% keaktifan siswa pada siklus I adalah sebesar 52% dan meningkat sebesar 33% menjadi 85% paa siklus II hasil belajar siklus I persentase ketuntasan sebesar 81% dan rata-rata nilai kelas sebesar 82 88 meningkat menjadi 94% dengan rata-rata 86 71 pada siklus II. Respon siswa terhadap implementasi pembelajaran kooperatif metode cooperative script dipadu dengan NHT (Numbered Heads Together) ) interval respon siswa adalah 55% s/d 100% dengan rata-rata respon sebesar 83%. Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian adalah pembelajaran kooperatif metode cooperative script dipadu dengan NHT (Numbered Heads Together) dapat dilaksanakan sangat baik dengan memperhatikan alokasi waktu yang tersedia dan melaksanakan langkah-langkah sesuai dengan metode cooperative script dipadu dengan NHT (Numbered Heads Together) tanpa menghilangkan salah-satu langkah dari kedua metode yang dipadukan tersebut. Implementasi pembelajaran kooperatif metode cooperative script dipadu dengan NHT (Numbered Heads Together) pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS3 MA ALMAARIF Singosari dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS3MA ALMAARIF. Saran yang dapat disampaikan adalah 1) Bagi guru sebaiknya mengalokasikan waktu yang lebih banyak karena langkah-langkah dalam pembelajaran menggunakan metode cooperative script dipadu dengan NHT (Numbered Heads Together). Guru sebaiknya juga mendorong agar siswa benar-benar melaksanakan aktivitas belajar sesuai dengan apa yang ada dalam metode cooperative script dipadu dengan NHT (Numbered Heads Together). 2) Bagi sekolah sebaiknya mengawasi dan mengevaluasi kinerja guru dalam implementasi pembelajaran kooperatif metode cooperative script dipadu dengan NHT (Numbered Heads Together) dan juga menambahkan banyak sumber belajar ekonomi. 3) Bagi peneliti selanjutnya dalam meneliti implementasi pembelajaran kooperatif metode cooperative script dipadu dengan NHT (Numbered Heads Together) diharapkan bisa menggunakan ruang lingkup yang lebih luas dan juga meneliti faktor-faktor lain yang dapat menggambarkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan lebih lengkap. Seperti penilaian aspek afektif dan aspek psikomotorik. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39528

Actions (login required)

View Item View Item