Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Student Teams Achievement Division (STAD) dipadukan dengan mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS SMA Taman Madya Malang / Alfi Surya Prastiwi Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Student Teams Achievement Division (STAD) dipadukan dengan mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS SMA Taman Madya Malang / Alfi Surya Prastiwi Putri

Putri, Alfi Surya Prastiwi (2016) Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Student Teams Achievement Division (STAD) dipadukan dengan mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS SMA Taman Madya Malang / Alfi Surya Prastiwi Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Alfi. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD (Student Teams Achievement Division) Dipadukan Dengan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil BelajarPada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS di SMA Taman Madya Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sapir S.Sos M.Si (II) Drs. Mardono M.Si. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD (Student Teams Achievement Division) Mind Mapping Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang kurang menarik yang menyebabkan siswa merasa bosan dan kurangnya minat dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan pengamatan pada saat observasi awal di SMA Taman Madya Malang menunjukkan bahwa guru sudah menggunakan metode mengajar seperti ceramah tanya jawab maupun diskusi kelompok kecil namun hasil belajar siswa masih belum maksimal. Banyak siswa yang masih memperoleh nilai di bawah KKM. Selain itu siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran di kelas siswa enggan bertanya jika kurang mengerti tentang materi yang diberikan guru. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diperlukan sebuah model lebih menggali kemampuan siswa sehingga siswa dapat mengemukakan pengetahuan yang dimiliki serta tidak hanya menghafal materi saja namun juga dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Model yang sesuai dengan permasalahan tersebut adalah Metode Kooperatif teknik STAD dipadukan dengan Mind Mapping. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif desktriptif dan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara lembar observasi kegiatan guru catatan lapangan tes dan dokumentasi. Data yang diuji dalam penelitan ini adalah soal tes dengan menggunakan uji validitas realibilitas analisis tingkat kesukaran dan analisis daya pembeda soal. Hasil dari analisis data yang dilaksanakan diketahui bahwa penerapan Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD (Student Teams Achievement Division) dipadukan denganMind Mappingdapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas X IIS SMA Taman Madya Malang yang dilihat dari hasil belajar siswa ranah kognitif dan ranah afektif siswa. Pada siklus 1 presentase ketuntasan sebesar 53 3 % sedangkan pada siklus 2 presentase ketuntasan sebesar 86 6 %. Pada hasil belajar ranah afektif pada siklus I sebesar 78 6% sedangkan pada siklus II sebesar 92%. Untuk meningkatkan penerapan perpaduan model pembelajaran STAD dan Mind Mapping disarankan kepada pihak-pihak yang terkait diantaranya yaitu bag guru agar model pembelajaran STAD dan Mind Mapping dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran. Kedua bagi sekolah diharapkan agar menyediakan fasilitas yang mendukung adanya model pembelajaran tersebut antara lain LCD kertas kosong dan pensil warna agar pelaksanaan model pembelajaran STAD dan mind mapping dapat berjalan lancar. Ketiga bagi peneliti lain diharapkan dapat digunakan oleh peneliti lain dalam mengembangkan penelitian yang serupa. Selain mengukur hasil belajar siswa diharapkan agar meneliti aspek-aspek yang lain selain hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39527

Actions (login required)

View Item View Item