Penerapan pembelajaran kontekstual dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IIS 1 SMA Brawijaya Smart School / Ita Sunengsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kontekstual dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IIS 1 SMA Brawijaya Smart School / Ita Sunengsih

Sunengsih, Ita (2016) Penerapan pembelajaran kontekstual dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IIS 1 SMA Brawijaya Smart School / Ita Sunengsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sunengsih Ita. 2016. Penerapan Pembelajaran Kontekstual dengan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IIS I SMA Brawijaya Smarth School. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo S. Th. M. Div. M. E (II) Drs. Mardono M. Si Kata Kunci Pembelajaran Kontekstual Problem Based Learning Berpikir Kritis Hasil Belajar Pembelajaran kontekstual adalah suatu kegiatan pembelajaran dimana seorang guru mengaitkan realita yang ada di lapangan dengan materi pelajaran yang sedang dijelaskan. Problem based learning adalah suatu model pembelajaran di mana seorang guru akan memberikan suatu masalah yang harus dicari solusinya untuk memecahkan masalah tersebut dan dalam hal ini siswa akan dituntut untuk berpikir secara kritis untuk memecahkan masalahnya dengan acuan teori yang sudah mereka pelajari. Model problem based learning digunakan untuk merangsang berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran kontekstal model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS I. Penelitian ini menggunakan rancangan pendekatan kalitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari 4 dan 3 pertemuan dan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan tidakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas XI IIS I yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari. Berdasarka hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan penerapan pembelajran kontekstual model problem based learning mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 82% menjadi 90% pada siklus II. Kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dari siklus I sebesar 57% menjadi 79% pada siklus II. Hasil belajar aspek kognitif siswa pada siklus I sebesar 85 menjadi 90 pada siklus II. Sedangkan hasil belajar aspek afektif siswa pada siklus I sebesar 73% menjadi 86%. Dari analisa tersebut diperoleh kesimpulan dari hasil penelitian bahwa keterlaksanaan pembelajaran kontekstual model problem based learning terhadap kemampuan berpikir ritis dan hasil belajar siswa meningkat pada siklus II dibandingan dengan siklus I sehingga penerapan pembelajaran kontekstual model prombem based learning sangat tepat diterapkan pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS I SMA Brawijaya Smart School. Berdasarkan hasil tersebut disarankan bagi guru ekonomi agar menggunakan pembelajaran kontekstual model problem based learning sebagai alternatif dan inovasi dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini hendaknya dapat diteruskan oleh peneliti selanjutnya dengan kelas sekolah dan materi yang berbeda. Untuk kesempuraan penerapan pembelajaran kontekstual model promblem based learning maka harus lebih baik dalam pengalokasian waktu agar hasilnya lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39525

Actions (login required)

View Item View Item