Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS 5 SMA Negeri 01 Batu semester genap tahun ajaran 2015/2016 / Yayang Eka Pelita Indri Kusumaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS 5 SMA Negeri 01 Batu semester genap tahun ajaran 2015/2016 / Yayang Eka Pelita Indri Kusumaningrum

Kusumaningrum, Yayang Eka Pelita Indri (2016) Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS 5 SMA Negeri 01 Batu semester genap tahun ajaran 2015/2016 / Yayang Eka Pelita Indri Kusumaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusumaningrum Yayang Eka P.I. 2015. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas XI IPS 5 SMA Negeri 01 Batu Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Program Studi S-1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Lisa Rokhmani M.Si. (II) Dr. H. Agung Haryono S.E. M.P. Ak . Kata Kunci Jigsaw Lesson Study Hasil Belajar. Permasalahan ditemukan pada hasil belajar kognitif pada kelas XI IPS 5. Dari hasil ulangan harian 1 presentase ketuntasan hanya mencapai 20% dan jika dibandingkan dengan kelas XI IPS lainnya tergolong paling rendah hasil belajar siswanya. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan guru kurang variatif kurangnya buku ajar yang digunakan siswa tidak ada koreksi bersama setelah siswa mengerjakan LKS dan karakter siswa itu sendiri. Oleh karena itu peneliti menerapkan pembelajaran kooperatif model jigsaw yang melalui dua tahapan diskusi yaitu pada diskusi kelompok ahli dan kelompok asal yang melibatkan siswa secara keseluruhan dalam proses pembelajaran sehingga memberikan tanggung jawab siswa dalam mempelajari materi pembelajaran. Dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model jigsaw diharapkan hasil belajar kognitif pada kelas XI IPS 5 dapat meningkat. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas berbasis Lesson Study. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai guru model yang melakukan tindakan terhadap masalah yang dialami dikelas XI IPS 5. Kegiatan penelitian ini berbasis Lesson Study sehingga semua kegiatan dalam penelitian ini dilakukan peneliti bersama dengan tim observer. Peneliti melakukan 3 tahap kegiatan lesson study yaitu tahap plan yaitu peneliti dan observer bersama membahasa kegiatan yang akan dilakukan selama proses pembelajaran tahap do yaitu peneliti dan observer bertindak pada subjek penelitian sesuai perencanaan yang disusun. Tahap see yaitu peneliti dan observer meninjau kembali proses kegiatan pembelajaran pada kegiatan penelitian. Pada tahapan do kegiatan ini diawali dengan pembentukan kelompok asal kemudian dari anggota kelompok asal berdiskusi pada kelompok ahli sesuai sub bab yang didapatkan setiap siswa pada kelompok asal. Setelah selesai berdiskusi pada kelompok ahli kemudian siswa akan kembalike kelompok asal untuk menggabungkan informasi yang telah didapatkan di kelompok ahli. Kegiatan diakhiri dengan post-test. Berdasarkan hasil penelitian paparan data dan temuan penelitian penelitian dilakukan dengan 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Temuan dalam penelitian ini adalah rata-rata hasil belajar kelas XI IPS 5 pada mata pelajaran Ekonomi nilai rata-rata dari siklus I adalah 79 64 dan pada siklus II 84 13. Diperoleh presentase ketuntasan siswa sebesar 78 57% pada siklus I dan 92 86% pada siklus II. Dengan demikian dari penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw telah terjadi peningkatan hasil belajar. Selain itu dari hasil penelitian juga dapat dilihat bahwasannya dari penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw pada mata pelajaran ekonomi dapat dipahami dan diterima baik oleh siswa. Yang dapat dilihat dari presentase keberhasilan kegiatan guru pada siklus I 88 33% dan pada siklus II 93 33%. Peningkatan hasil belajar ini disebabkan siswa belajar dengan sungguh-sungguh untuk memperdalam materi. Dilihat dari kegiatan siklus I dan II siswa lebih aktif dalam pembelajaran karena siswa harus mendiskusikan sub bab materi dengan kelompok ahli dan mereka bertanggung jawab untuk menjelaskan kembali hasil diskusinya di kelompok ahli kepada anggota kelompok asal lainnya sehingga mereka memiliki motivasi lebih untuk memahami materi dengan siswa lebih aktif terlibat dalam menggonstruksikan suatu ilmu maka pemahaman materi akan lebih dan dengan demikian materi akan lebih mudah diingat sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat dijadikan sebagai pilihan model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam mengajar untuk mengatasi masalah hasil belajar yang kurang pada siswa. Dalam penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw disarankan guru harus memilih materi yang sesuai agar pembelajaran dapat berlangsung dengan baik pada saat pembagian diskusi di kelompok ahli sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Selain itu pada saat penerapan model pembelajaran kooperatif model jigsaw disarankan guru dapat memahami karakter siswa sehingga pembagian kelompok akan bersifat heterogen. Pemilihan siswa yang bersifat heterogen diharapkan dapat memperlancar diskusi pada kelompok ahli dan kelompok asal. pemanfaat waktu juga penting untuk diperhatikan agar jalannya diskusi baik dikelompok ahli maupun kelompok asal bisa maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39522

Actions (login required)

View Item View Item