Penerapan model pembelajaran word square untuk meningkatkan keaktifab dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas X IIS 4 SMAN 7 Malang tahun ajaran 2015/2016 / Dini Alfani Navyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran word square untuk meningkatkan keaktifab dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas X IIS 4 SMAN 7 Malang tahun ajaran 2015/2016 / Dini Alfani Navyana

Navyana, Dini Alfani (2016) Penerapan model pembelajaran word square untuk meningkatkan keaktifab dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas X IIS 4 SMAN 7 Malang tahun ajaran 2015/2016 / Dini Alfani Navyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Navyana Dini Alfani. Penerapan Model Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS 4 SMAN 7 Malang Tahun Ajaran 2015/2016 . Skripsi.Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Univesrsitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Dr.Lisa Rokhmani M.Si (II) Drs.Sapir S.Sos M.Si Kata Kunci Model Pembelajaran Word Square Keaktifan Belajar Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa pendidikan merupakan suatu faktor utama bagi pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki daya saing yang tinggi. Pada saat ini pendidikan di Indonesia menggunakan pengembangan ketiga ranah yaitu ranah kognitif afektif dan psikomotor yang sepenuhnya diarahkan pada pembelajaran Kurikulum 2013.Kurikulum 2013 menyebutkan bahwa proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif inspiratif menyenangkan menantang memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Namun pada kenyataannya di dalam kelas terdapat beberapa masalah yang terjadi yaitu dalam proses pembelajaran masih ada beberapa siswa yang cenderung pasif dalam mengikuti mata pelajaran ekonomi. Pada saat guru menjelaskan materi banyak siswa yang tidak fokus pada penjelasan guru dan hanya beberapa siswa yang dominan aktif.Selain itu untuk hasil belajar siswa juga masih rendah hal ini dibuktikan dengan masih banyak nya siswa yang mendapatkan nilai ulangan harian 8804 75 (Sesuai KKM di SMAN 7 Malang). Latar belakang tersebut memunculkan permasalahan yang dirumuskan sebagai berikut. (1) Bagaimana proses penerapan model pembelajaran Word Square pada pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS 4 SMAN 7 Malang. (2) Apakah penerapan model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas X IIS 4 SMAN 7 Malang. (3) Apakah penerapan model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IIS 4 SMAN 7 Malang. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu model pembelajaran alter natif yang dapat menumbuhkan motivasi dan semangat belajar siswa yang nantinya juga meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Adapun model yang sesuai untuk mengatasai permasalahan dalam pembelajaran tersebut yaitu menggunakan model pembelajaran Word Square. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasill belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa X IIS 4 dengan menggunakan model pembelajaran Word Square. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 6 November 2015 sampai dengan 27 November 2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan Kualitatif dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar ekonomi siswa yang diperoleh dari hasil diskusi kelompok dan hasil pretest dan posttest yang dilakukan setiap awal pertemuan dan akhir tindakan. Subyek dalam penelitian ini siswa kelas X IIS 4 SMAN 7 Malang dengan banyaknya siswa sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada penerapan model pembelajaran Word Square guru telah melaksanakan dengan baik. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis data pada Siklus I tingkat keberhasilan guru dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan model Word Square di peroleh senilai 88% dan pada Siklus II sebesar 91%. Selain itu model pembelajaran Word Square juga dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini diketahui dari hasil analisis data pada Siklus I rata-rata keaktifan belajar senilai 68.05 sedangkan pada Siklus II rata-rata keaktifan belajar senilai 76.94. Dengan menerapkan model pembelajaran Word Square pula dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan afektif siswa hal ini terlihat pada hasil rata-rata Post test di dapat senilai 64.67 pada Siklus I dan 85.16 pada Siklus II dan hasil analisis data untuk hasil belajar afektif siswa pada siklus I 71.38 dan pada siklus II 82.36. Untuk meningkatkan penerapan model pembelajaran Word Square disarankan kepada pihak-pihak yang terkait diantaranya (1) Bagi guru dapat menerapkan model pembelajaran Word Square untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Sebelum menerapkan model pembelajaran Word Square guru sebaiknya memilih materi yang sesuai dengan model pembelajaran tersebut yaitu materi yang bersifat teori atau hafalan yang memiliki satu jawaban benar serta ketersediaan atau alokasi waktu yang cukup untuk menerapkan model pembelajaran ini. Selain itu guru mata pelajaran juga harus menjelaskan alur model pembelajaran Word Square dengan jelas sehingga siswa tidak bingung pada saat menerapkan model ini. (2) Bagi peneliti selanjutnya hendaknya dapat menerapkan model pembelajaran Word Square dengan kelas serta sekolah dan materi yang berbeda sehingga dapat digunakan untuk melihat sejauh mana keberhasilan model pembelajaran Word Square ini apabila di terapkan pada kondisi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39520

Actions (login required)

View Item View Item