Hubungan iklim sekolah dan kepuasan kerja dengan kinerja Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) di SMA Negeri se-tulungagung / Wahyu Adi Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan iklim sekolah dan kepuasan kerja dengan kinerja Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) di SMA Negeri se-tulungagung / Wahyu Adi Setiawan

Setiawan, Wahyu Adi (2019) Hubungan iklim sekolah dan kepuasan kerja dengan kinerja Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) di SMA Negeri se-tulungagung / Wahyu Adi Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Setiawan Wahyu Adi. 2019. Hubungan Iklim Sekolah dan Kepuasan Kerja dengan Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) di SMA Negeri se-Tulungagung. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal M.Pd. (II) Wildan Zulkarnain S.Pd M.Pd. Kata kunci iklim sekolah kepuasan kerja kinerja tenaga administrasi sekolah Kinerja adalah suatu tingkat pelaksanaan tugas yang dilakukan oleh pegawai dengan menggunakan segala kemampuan dan potensi yang ada pada dirinya. Kinerja pegawai merupakan hal terpenting untuk menunjang kemajuan suatu orgaisasi. Mencapai kinerja yang baik tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor kinerja dibedakan menjadi faktor internal (dalam diri pegawai) dan faktor eksternal (lingkungan tempat kerja) seperti rekan kerja pimpinan fasilitas kompensasi dan keadaan organisasi (Mangkunegara 2012). Hal tersebut termasuk dalam iklim sekolah dan kepuasan kerja yang dirasakan oleh tenaga administrasi sekolah. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini yakni untuk (1) mengetahui tingkat iklim sekolah di SMAN se-Tulungagung (2) mengetahui tingkat kepuasan kerja di SMAN se-Tulungagung (3) mengetahui tingkat kinerja TAS di SMAN se-Tulungagung (4) mengetahui hubungan antara iklim sekolah dengan kinerja TAS di SMAN se-Tulungagung (5) mengetahui hubungan antara kepuasan kerja dengan kinerja TAS di SMAN se-Tulungagung dan (6) mengetahui hubungan iklim sekolah dan kepuasan kerja dengan kinerja TAS di SMAN se-Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasi. Untuk pengambilan datanya menggunakan kuesioner berupa angket dengan responden TAS di SMAN se-Tulungagung sebanyak 168 pegawai kemudian diambil sampel dengan rumus Slovin diperoleh sampel sebanyak 118 pegawai. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis deskriptif uji prasyarat analisis dan uji hipotesis dengan menggunakan Product Moment Pearson dan juga menggunakan regresi berganda dengan menggunankan Stastitical Package for Social Science for windows versi 20.0. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) tingkat iklim sekolah di SMAN se-Tulungagung tergolong cukup kondusif (2) tingkat kepuasan kerja TAS di SMAN se-Tulungagung pada tergolong cukup (3) tingkat kinerja TAS di SMAN se-Tulungagung pada tergolong cukup (4) terdapat hubungan positif yang signifikan antara iklim sekolah dengan kinerja TAS di SMAN se-Tulungagung (5) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepuasan kerja dengan kinerja TAS di SMAN se-Tulungagung (6) terdapat hubungan positif yang signifikan antara iklim sekolah dan kepuasan kerja dengan kinerja TAS di SMAN se-Tulungagung. Sesuai dengan kesimpulan diatas maka peneliti memberikan saran sebagai berikut (1) Kepala SMAN se-Tulungagung meningkatkan iklim sekolah dan kepuasan kerja tenaga administrasi sekolah guna meningkatkan kinerja tenaga administrasi sekolah yang dimilikinya (2) seluruh TAS SMAN se-Tulungagung hendaknya meningkatkan kinerja baik dari aspek kemampuan yang dimilikinya vii perilakunya maupun kedisiplinan saat bekerja (3) Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UM memasukan iklim sekolah dan kepuasan kerja ke dalam matakuliah sehingga mahasiswa dapat memperkaya dan memperdalam ilmu mengenai iklim sekolah dan kepuasan kerja (4) Peneliti lain hendaknya dapat mengembangkan penelitian ini yakni dengan memperbaiki kekurangan yang ada pada penelitian ini dengan mencari pemecahan masalah dan selain itu juga bisa dengan mengambil variabel lain seperti pengetahuan pegawai skill khusus yang dimiliki pegawai keadaan ekonomi dan keadaan keuangan niat dan juga bakat pegawai yang berbeda yang ada kaitannya dengan kinerja TAS agar lebih memperkaya khasanah keilmuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3952

Actions (login required)

View Item View Item