Pengaruh disiplin belajar, pemanfaatan perpustakaan sekolah, dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Singosari semester gasal tahun ajaran 2015/2016 / Itta Iffati Farichah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh disiplin belajar, pemanfaatan perpustakaan sekolah, dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Singosari semester gasal tahun ajaran 2015/2016 / Itta Iffati Farichah

Farichah, Itta Iffati (2016) Pengaruh disiplin belajar, pemanfaatan perpustakaan sekolah, dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Singosari semester gasal tahun ajaran 2015/2016 / Itta Iffati Farichah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Farichah Itta Iffati. 2016. Pengaruh Disiplin Belajar Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Semester Gasal Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Singosari Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Lisa Rokhmani M.Si (II) Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo S.Th. M.Div. M.E Kata Kunci Disiplin Belajar Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Perhatian Orang Tua Hasil Belajar Banyak Guru mulai resah dengan hasil belajar siswa sebab banyak anak didiknya yang belum maksimal dalam mengerjakan tugas maupun ujian. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di SMA Negeri 1 Singosari disiplin belajar peserta didik berbeda-beda. SMA Negeri 1 Singosari telah melakukan beberapa sanksi yang tegas untuk menanggulangi peserta didik yang melanggar disiplin sekolah. Perpustakaan sekolah yang dimilki SMA Negeri 1 Singosari memiliki sistem pengelolaan perpustakaan yang baik selain itu di perpustakaan SMA Negeri 1 Singosari dilengkapi dengan wifi dan semua peserta didik memiliki hak yang sama untuk memanfaatkannya. Namun siswa SMA Negeri 1 Singosari meminjam buku di perpustakaan hanya ketika adanya tuntutan dari guru untuk meminjam buku bukan karena kesadaran peserta didik sendiri. Selain itu perhatian orangtua peserta didik masih dirasa kurang beberapa peserta didik memiliki masalah dalam keluarga khususnya orangtua yang membuat peserta didik tidak fokus dalam belajar. Berdasarkan observasi 70% siswa memperoleh hasil belajar dibawah KKM. Secara teori disiplin belajar pemanfaatan perpustakaan sekolah dan perhatian orang tua sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pembahasan mengenai pengaruh disiplin belajar pemanfaatan perpustakaan sekolah dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis eksplanasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Singosari (2) Apakah ada pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Singosari (3) Apakah ada pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Singosari (4) Apakah ada pengaruh disiplin belajar pemanfaatan perpustakaan sekolah dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Singosari . Populasi dalam penelitian ini sebesar 106 siswa dari 3 kelas XI IIS yang kemudian pengambilan sampelnya menggunakan teknik Proportional Random Sampling dengan menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh 83 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif analisis regresi linier berganda uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan menggunakan bantuan SPSS For Windows 16 dengan taraf signifikasi sebesar 0 05. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Singosari (2) terdapat pengaruh yang signifikan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Singosari (3) terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Singosari (4) terdapat pengaruh yang signifikan disiplin belajar pemanfaatan perpustakaan sekolah dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Singosari. Hasil belajar dalam penelitian ini adalah niali UTS. Berdasarkan kesimpulan penelitian maka penulis merekomendasikan saran saran sebagai berikut (1) Menerapkan disiplinan sekolah seharusnya menyangkut semua warga sekolah (2) Guru sebaiknya menanamkan nilai nilai kedisiplinan dalam proses pembelajaran dengan melaksanakan tata tertib dan memberikan sanksi yang tegas bagi siswa yang melanggar disiplin belajar (3) Menerapkan disiplin dalam belajar sudah seharusnya dilakukan oleh siswa salah satu cara menerapkan kedisiplinan dalam belajar yaitu menerapkan disiplin dalam belajar di rumah maupun di sekolah mengunjungi perpustakaan untuk membaca buku atau meminjam bahan pustaka yang menunjang materi pembelajaran. (4) Orang tua sebaiknya memberikan perhatian yang lebih dalam hal pendidikan anak salah satu caranya yaitu dengan memenuhi kebutuhan belajar anak membimbing mengawasi dan memotivasi belajar anak memberi solusi ketika anak mengalami kesulitan belajar dan melakukan kontak dengan pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39517

Actions (login required)

View Item View Item