Putri, Anggun Yulia Rina (2016) Pengaruh motivasi belajar, kecerdasan emosional dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis siswa kelas X SMK Ardjuna 02 Arjosari tahun ajaran 2015/2016 / Anggun Yulia Rina Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Putri Anggun.Y.R. 2016. Pengaruh Motivasi Belajar Kecerdasan Emosional dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi Dan Bisnis Siswa Kelas X SMK Ardjuna 02 Arjosari Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Prih Hardinto M.Si (II) Drs. Mardono M.Si. Kata Kunci Motivasi Belajar Kecerdasan Emosional Lingkungan Keluarga Hasil belajar Motivasi belajar adalah rasa senang dan semangat belajar siswa dalam proses pembelajaran selalu antusias untuk mengikuti proses pembelajaran serta selalu memiliki rasa ingin tahu tentang materi-materi yang dipelajari dalam proses pembelajaran. Selain motivasi belajar hasil belajar juga dipengaruhi oleh kecerdasan emosional yang dimiliki oleh siswa. Kecerdasan Emosional merupakan kemampuan dalam diri siswa untuk memotivasi diri sendiri mengatasi frustasi mengontrol desakan hati mengatur suasana hati ( mood ) berempati serta kemampuan untuk bekerja sama. Selain itu hasil belajar juga dipengaruhi oleh lingkungan keluarga yang dimiliki oleh siswa. Lingkungan keluarga merupakan kondisi dari pengaruh keluarga yang ada disekitar siswa yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini betujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis (1)pengaruh antara motivasi belajar tethadap hasil belajar (2) pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar (3) pengaruh anataralingkungan keluarga terhadap hasil belajar (4) pengaruh antara motivasi belajar kecerdasan emosioanal dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Ardjuna 02 Arjosari sebanyak 65 sampel dari 77 populasi yang diambil dari seluruh siswa kelas X SMK Ardjuna 02. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan angket dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif diskriptif eksplanasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 21 for Windows. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil (1) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar dapat disimpulakan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan. (2) pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan. (3) pengaruh lingkungan kelauarga terhadap hasil belajar dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan. (4) pengaruh motivasi belajar kecerdasan emosional dan lingkungan kelauarga terhadap hasil belajar dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan. Saran yang bisa diberikan (1) Sekolah hendaknya mengoptimalkan kualitas pembelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis dan pemahaman konsep Pengantar Ekonomi dan Bisnis sebagai upaya peningkatan kualitas output sekolah dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang baik. (2) Guru hendaknya meningkatkan kualitas pembelajaran dan memberikan arahan pada siswa tentang materi pembelajarn dan pemahaman serta penerapnnya pada kehidupan sehari-hari bukan hanya menekankan pada teori di buku saja yang mebuat siswa bosan dan tidak tertarik. (3) peneliti selanjutnya untuk dapat memperluas variabel lain diluar variabel yang digunakan dalam penelitian ini karena pada dasarnya masih banyak faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39511 |
Actions (login required)
View Item |