Pengaruh gaya belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Malang / Silvia Eka Nur Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh gaya belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Malang / Silvia Eka Nur Wulandari

Wulandari, Silvia Eka Nur (2016) Pengaruh gaya belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Malang / Silvia Eka Nur Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulandari Silvia Eka Nur. 2016. Pengaruh Gaya Belajar dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar di Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi M.E M.Pd (II) Dr. Lisa Rokhmani M.Si. Kata Kunci Gaya belajar pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah hasil belajar Hasil belajar merupakan hasil proses belajar siswa dalam kurun waktu tertentu. Dalam penelitian ini hasil belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu gaya belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah. Secara rasional apabila gaya belajar seorang siswa baik maka hasil belajar nya juga akan baik pula. Namun pada kenyataannya tidak selalu demikian. Dalam permasalahan gaya belajar yang ditemukan pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Malang yaitu siswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda sehingga hasil belajarnya pun berbeda pula. Begitu pula dengan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah apabila pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah baik maka hasil belajar nya juga akan baik pula. Namun pada kenyataannya di SMA Negeri 2 Malang dengan adanya fasilitas perpustakaan yang memadai siswa masih belum bisa memanfaatkan fasilitas perpustakaan secara maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Malang. (2) Pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Malang. (3) Pengaruh gaya belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif yang termasuk dalam penelitian eksplanasi (explanatory research). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Malang yang berjumlah 114 siswa. Sampel sebanyak 89 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Analisis statistik deskriptif. (2) Uji asumsi klasik (3) Uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Gaya belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Malang. (2) Pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Malang. (3) Gaya belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Malang. Saran yang dapat peneliti berikan antara lain (1) Bagi Siswa Setelah dilakukannya penelitian ini diharapkan pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Malang untuk lebih memahami gaya belajar masing-masing individu agar lebih mudah dalam menerima pelajaran dan memahami informasi (pelajaran) yang dapat diperoleh. Selain itu diharapkan pada siswa untuk lebih intens dalam memanfaatkan fasilitas perpustakaan yang telah tersedia di sekolah sehingga dengan hal ini akan lebih mudah dalam memperoleh literatur atau sumber belajar yang diperlukan. Apabila siswa mudah dalam memenuhi kebutuhan yang diperlukan maka hal ini nantinya akan berpengaruh terhadap hasil belajarnya yang tentunya akan lebih baik pula. (2) Bagi SMA Negeri 2 Malang Sebagai institusi pendidikan SMA Negeri 2 Malang diharapkan mampu meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Dengan adanya fasilitas pembelajaran di sekolah yang memadai sebaiknya pihak sekolah memberikan semangat dan motivasi pada siswa di sekolah agar lebih memanfaatkan fasilitas yang tersedia dengan sebaik mungkin khususnya pada fasilitas perpustakaan. Hal ini dapat diterapkan dengan cara pemberian reward pada beberapa siswa yang paling sering berkunjung meminjam buku serta memanfaatkan fasilitas perpustakaan dengan sebaik mungkin dalam setiap bulan reward tersebut dapat diberikan. (3) Bagi Guru Dengan adanya gaya belajar siswa yang berbeda-beda seorang guru seyogyanya dapat memahami bahwa adanya gaya belajar tersebut sesuai dengan individu siswa dan tidak bisa dipaksakan sehingga saat siswa kurang berkonsentrasi saat mengerjakan tugas guru seyogyanya memaklumi bila siswa tersebut mengerjakan tugasnya dengan mendengarkan musik ataupun melihat gambar-gambar atau ada pula yang menggerakkan tubuhnya karena dengan hal tersebut juga dapat mengembalikan konsentrasi siswa kembali. Selain itu agar siswa dapat memanfaatkan fasilitas perpustakaan di sekolah lebih intens sebaiknya guru memberikan tugas kepada siswa yang mana sumber belajarnya dapat diperoleh dari adanya fasilitas perpustakaan tersebut. (4) Bagi Penelitian Selanjutnya Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengungkapkan variabel lain sehingga apabila ditemukan pengaruh variabel lain terhadap hasil belajar siswa akan memberikan manfaat besar sebagai prediktor yang mungkin berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39510

Actions (login required)

View Item View Item