Lestari, Meyranti Iloe (2019) Sistem pengelolaan keuangan program pendidikan gratis berbasis pesantren (studi kasus di Yayasan Al-Ikhlas Al Faruq Bondowoso) / Meyranti Iloe Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Lestari Meyranti Iloe. 2019. Sistem Pengelolaan Keuangan Program Pendidikan Gratis Berbasis Pesantren (Studi Kasus di Yayasan Al-Ikhlas Al-Faruq Bondowoso). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agus Timan M.Pd. (II) Imam Gunawan M.Pd. Kata Kunci Sistem pengelolaan keuangan pendidikan gratis berbasis pesantren Yayasan Al-Ikhlas Al-Faruq Bondowoso Setiap warga negara Indonesia memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang layak terutama dalam penerapan pendidikan gratis. Hadirnya program pendidikan gratis menjadi tanggung jawab sekolah dalam mengelola sumber dana yang diperoleh dari pemerintah karena tidak ada pungutan biaya dari orang tua. Maka dari itu pembiayaan dalam pendidikan perlu ditinjau dari segi pengelolaan keuangannya mulai dari pembuatan rencana sumber dana penganggaran penggunaan hingga sampai pelaporan atau pertanggungjawaban semuanya perlu diketahui secara detail. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yaitu (1) proses penganggaran dan pengalokasian dana pendidikan gratis (2) sistem dan prosedur pengelolaan keuangan pendidikan gratis (3) penggunaan keuangan program pendidikan gratis. Penelitian dilakukan di Yayasan Al-Ikhlas Al-Faruq Bondowoso dengan pendekatan kualitatif dan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) wawancara (2) observasi dan (3) dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa teknik yaitu (1) ketekutan pengamatan (2) kecukupan bahan referensi (3) triangulasi. Analisis pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) pengumpulan data (2) pemilihan pemusatan dan transformasi data atau data kasar yang muncul dari catatan-catatan lapangan dan (3) Focus Group Discussion (FGD). Hasil penelitian menunjukkan (1) proses penganggaran dan pengalokasian dana yaitu sumber-sumber keuangan di Yayasan Al-Ikhlas Al-Faruq Bondowoso dijadikan satu dengan sistem terpusat pada yayasan sehingga untuk mengajukan dana lembaga membuat RKAM dan RAB yang diserahkan kepada yayasan. Hal ini dilakukan untuk memudahkan yayasan dalam melakukan proses penganggaran dan pengalokasian dana pada setiap lembaga (2) sistem dan prosedur pengelolaan keuangan yang digunakan di Yayasan Al-Ikhlas Al-Faruq Bondowoso bersifat centralistic yaitu pengelolaan keuangan yang terpusat pada yayasan dengan menggunakan sistem dana subsidi silang. Yayasan mensubsidi lembaga menggunakan seluruh dana yang telah dijadikan satu dari lembaga itu sendiri sehingga lembaga yang mengajukan dan yayasan yang mengeluarkan dan (3) penggunaan dana di Yayasan Al-Ikhlas Al-Faruq Bondowoso pada semua lembaga digunakan untuk seluruh kebutuhan yang mencakup biaya personal maupun operasional sudah disesuaikan dengan RKAM yang telah diajukan oleh lembaga sedangkan untuk item tetap mengacu pada petunjuk dan teknis peraturan yang ada. Berdasarkan kesimpulan penulis memberikan saran bagi (1) Ketua yayasan meningkatkan fungsi manajerial dan dan perlu adanya pembukuan yang terstruktur sebagai arsip administrasi dalam manajemen keuangan agar pendidikan gratis berbasis pesantren yang dipimpin dapat senantiasa dipertahankan dan meningkat hingga menuju tercapainya tujuan dari keluarga pengasuh yayasan (2) Kepala madrasah melakukan perbaikan dan perkembangan secara terus-menerus dalam mengelola manajemen keuangan yang terpusat pada yayasan dan tetap merancang kegiatan yang dapat membangun semua sumber daya manusia baik guru maupun murid/santri dengan meminimalisir dana yang ada namun tidak mengurangi kegiatan yang sekiranya dapat mendorong lembaga menuju yang lebih baik lagi kedepannya (3) Jurusan Administrasi Pendidikan menekankan mahasiswa untuk meneliti tentang manajemen keuangan dalam pendidikan dan memperbanyak referensi berupa skripsi maupun jurnal yang mengangkat kasus mengenai manajemen keuangan di lembaga pendidikan negeri maupun swasta (4) Mahasiswa jurusan administrasi pendidikan melakukan penelitian substansi manajemen keuangan yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan program pendidikan disarankan mengambil masalah penelitian pada aspek sistem akuntansi atau sistem pengelolaan keuangan yang berfokus pada pembukuannya dan (5) Peneliti lain yang melakukan penelitian mengenai manajemen keuangan yang berkaitan dengan keefektifan penggunaan dana dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode BEP (Break Event Point).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 May 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3951 |
Actions (login required)
View Item |