Pengaruh kualitas input dan ketersediaan fasilitas sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di MA Negeri Bangkalan tahun ajaran 2014/2015 / Alief Annas Sobirin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kualitas input dan ketersediaan fasilitas sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di MA Negeri Bangkalan tahun ajaran 2014/2015 / Alief Annas Sobirin

Sobirin, Alief Annas (2016) Pengaruh kualitas input dan ketersediaan fasilitas sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di MA Negeri Bangkalan tahun ajaran 2014/2015 / Alief Annas Sobirin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sobirin Alief Annas. 2010. Pengaruh Kualitas Input Dan Ketersediaan Fasilitas Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di MA Negeri Bangkalan Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sugeng Hadi Utomo M.Ec (II) Drs. Sapir S.Sos M.Si. Kata Kunci Kualitas Input Ketersediaan Fasilitas Sekolah Prestasi Belajar Peningkatan mutu pendidikan selalu diupayakan agar dapat mencetak Sumber Daya Manusia yang berguna bagi pembangunan. Untuk mencapai tujuan peningkatan mutu pendidikan tersebut maka harus ada keseimbangan antara sistem tenaga pendidik peserta didik dan sarana pendukung kegiatan belajar mengajar. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi peningkatan mutu pendidikan baik internal maupun eksternal. Faktor-faktor yang mempengaruhi diantaranya kualitas input ketersediaan fasilitas sekolah dan kualitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial antara kualitas input dan ketersediaan fasilitas sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di MA Negeri Bangkalan. Penelitian ini dilakukan di MA Negeri Bangkalan. Sampel penelitian ini adalah 57 siswa dari populasi 131 siswa kelas XI IPS MA Negeri Bangkalan. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan proportional random sample. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial ada pengaruh positif antara kualitas input dan ketersediaan fasilitas sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di MA Negeri Bangkalan tahun ajaran 2014/2015 sebesar 70 4% sedangkan 29 6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Saran yang dapat diberikan yaitu (1) Pihak sekolah khususnya kepala sekolah hendaknya dalam melaksanakan seleksi penerimaan siswa baru MA Negeri Bangkalan lebih memperhatikan nilai rata-rata ujian siswa yang mempunyai nilai baik (2) Pihak sekolah hendaknya menyediakan atau menambah fasilitas belajar di perpustakaan misal menambah jumlah buku pelajaran sebagai penunjang belajar siswa agar memperoleh prestasi belajar yang bagus (3) Pihak sekolah untuk memanfaatkan fasilitas yang ada di sekolah seperti penggunaan internet lcd proyektor dalam pemberian materi kepada para siswa (4) Bagi siswa untuk selalu menggunakan atau memanfaatkan fasilitas sekolah yang sudah tersedia dan semaksimal mungkin dan juga berani membuka diri terhadap guru agar komunikasi dalam pembelajaran menjadi lebih nyaman (5) Bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian sejenis disarankan variabel yang diteliti lebih diperluas dan ditambah variabel lain berdasarkan teori sehingga dapat mengungkapkan lebih banyak permasalahan dan memberikan hasil dari temuan penelitian yang lebih berarti dan bermanfaat bagi banyak pihak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39502

Actions (login required)

View Item View Item