Penerapan model pembelajaran cooperative learning metode Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Kesamben / Silky Roudhotus Sa'adah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran cooperative learning metode Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Kesamben / Silky Roudhotus Sa'adah

Sa'adah, Silky Roudhotus (2016) Penerapan model pembelajaran cooperative learning metode Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Kesamben / Silky Roudhotus Sa'adah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sa adah Silky Roudhotus. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Metode Teams Games Tournament(TGT) UntukMeningkatkanMinat Dan HasilBelajarMata PelajaranEkonomiSiswaKelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Kesamben. Skripsi JurusanEkonomi Pembangunan Program StudiPendidikanEkonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. Sri Umi Mintarti W S.E M.P Ak (II) Drs. Sapir S.Sos M.Si Kata Kunci CooperativeLearning Metode Teams Games Tournament (TGT) Minat Hasil Belajar Pendidikan menjadi ujung tombak dalam mencetak generasi baru yang berkualitas sesuai standar yang telah ditetapkan. Proses pembelajaran yang berhasil bisa dilihat dari minat siswa akan suatu mata pelajaran tinggi sehingga hasil belajar siswa itu bagus. Hasil belajar yang maksimal diperoleh dari pemahaman siswa akan materi yang disampaikan oleh guru tersebut. Hasil belajar diperoleh pada akhir proses pembelajaran dan berkaitan dengan kemampuan siswa menyerap pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan minat belajar ekonomi setelah ditetapkan model kooperatif TGT dan (2) peningkatan hasil belajar ekonomi setelah ditetapkan model pembelajaran kooperatif TGT. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif analitik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas.instrumen yang digunakan yakni lembar observasi angket dan soal pretest dan posttest. Subjek penelitian kelas XI IIS 3 SMAN 1 Kesamben Objek Penelitian Pembelajaran kooperatif TGT. Penlitian ini menggunakan 2 siklus. Hasil belajar kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Kesamben meningkat setelah dilakukan metode pembelajaran Team Games Tournemnt (TGT). Terlihat peningkatan pada hasil pos tes masing- masing siklus. Pada hasil pre tes hanya ada 1 siswa saja yang tuntas. Kemudian pada hasil pos tes 1 pada siklus 1 presentase ketuntasan naik menjadi 41.2 % . Kenaikan tidak terlalu besar pada hasil pos tes ke 2 presentase ketuntasan sebanyak 47 % yaitu hanya naik sebanyak 5.8 % saja. Namun hasil terlihat signifikan pada pos tes ke 3 yaitu naik dari 47 % menjadi 91.2 % presentase kenaikan sebanyak 44. 2 %.Minat belajar kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Kesamben mengalami kenaikan. Saran peneliti bagi guru mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Kesamben disarankan agar guru dapat menerapkan metode TGT ini dikelas untuk digunakan sebagai variasi dalam metode pembelajaran. Bagi Peneliti yang lain disarankan untuk mencoba pada materi ataupun mata pelajaran yang lain dan di sekolah yang berbeda sehingga dapat dihunakan untuk melihat sejauh mana keberhasilan model pembelajaran TGT ini apabila di terapkan pada kondisi yang berbeda. Bagi sekolah disarankan untuk mengenalkan metode pembelajaran pada guru-guru yang mengajar mata pelajaran selain ekonomi agar digunakan sebagai variasi pembelajaran yang bisa di terapkan dalam proses pengajaran di kelas. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39501

Actions (login required)

View Item View Item