Penerapan model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X MIPA 2 kintas minat SMA Negeri 7 malang tahun ajaran 2015/2016 / Indah Permatasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X MIPA 2 kintas minat SMA Negeri 7 malang tahun ajaran 2015/2016 / Indah Permatasari

Permatasari, Indah (2016) Penerapan model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X MIPA 2 kintas minat SMA Negeri 7 malang tahun ajaran 2015/2016 / Indah Permatasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Permatasari Indah. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X MIPA 2 Lintas Minat SMA Negeri 7 Malang Tahun Ajaran 2015/2016 .Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Prih Hardinto M.Si (II) Drs. H. Achmad Ali Wafa M.Pd. Kata Kunci Model Pembelajaran Kooperatif STAD Aktivitas Belajar Hasil Belajar . Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidikan yang terus mengalami perkembangan seiring perkembangan zaman. Adapun perkembangan sendiri ditujukan untuk perubahan kearah yang lebih baik. Perkembangan inilah yang melatar belakangi adanya perkembangan pada kurikulum yang diterapkan di sekolah yang semula kurikulum yang dipakai adalah kurikulum KTSP sekarang berubah menjadi kurikulum 2013. Pada kurikulum 2013 siswa dituntut untuk selalu berperan aktif dan ikut serta dalam kegiatan pembelajaran dengan tujuan siswa mampu memahami dengan sendirinya melalui keterlibatan siswa dalam pembelajaran yang aktif dikelas. Namun pada kenyataannya didalam kelas siswa kurang aktif dalam menyampaikan pertanyaan maupun pernyataan dilain sisi guru juga kurang aktif untuk memotivasi siswa untuk ikut serta terlibat dalam pembelajaran secara aktif karena dalam penyampaian pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah dan menjelaskan sesuai dengan sumber belajar yang ada. Sehingga pembelajaran dikelas hanya terlihat satu arah yang berpusat pada guru (Teacher Centered). Hal inilah yang menjadikan nilai ketuntasan hasil belajar siswa secara umum masih kurang dari rata-rata dikarenakan banyak nilai siswa seperti Ulangan Harian masih dibawah KKM. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diperlukan adanya model pembelajaran yang menuntut siswa untuk ikut serta terlibat didalam aktivitas pembelajaran dikelas serta menjadikan siswa mudah untuk memahami konsep maupun materi dengan cara berfikir dan mengemukakan pendapat. Adapun model yang sesuai untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran kooperatif STAD. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober sampai dengan 13 Nopember 2015. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan Hasil belajar ekonomi siswa yang diperoleh dari hasil diskusi kelompok dan hasil pretest dan posttest yang dilakukan setiap awal dan akhir tindakan. Subyek dalam penelitian ini siswa kelas X MIPA 2 LM SMA Negeri 7 Malang dengan banyaknya siswa 35 yang terdiri dari 19 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada penerapan model pembelajaran kooperatif STAD guru telah melaksanakan dengan baik. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis data pada siklus I tingkat keberhasilan guru dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan model STAD diperoleh senilai 89.4% dan pada siklus II diperoleh senilai 96.2%. Selain itu model pembelajaran STAD juga dapat meningkatkan Aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis data pada siklus I senilai 67.5 sedangkan pada siklus II senilai 77.6. Dengan menerapkan model pembelajaran STAD pula dapat meningkatkan Hasil belajar Kognitif siswa hal ini terlihat pada hasil posttest didapat senilai 65.38 pada siklus I dan 80.04 pada siklus II. Untuk meningkatkan penerapan model pembelajaran kooperatif STAD disarankan kepada pihak-pihak yang terkait diantaranya pertama guru utamanya guru mata pelajaran ekonomi diharapkan dapat menggunakan model pembelajaran STAD sebagai upaya untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar siswa. Kedua bagi sekolah diharapkan dengan adanya penerapan model pembelajaran STAD diharapkan sekolah dapat mudah menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 yang menjadikan siswa untuk terlibat aktif. Ketiga bagi peneliti selanjutnya diharapkan peneliti dapat mengembangkan penelitian menggunakan model pembelajaran STAD sebagai sumber atau bahan Informasi dalam penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39500

Actions (login required)

View Item View Item