Penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) berbasis lesson study mata pelajaran ekonomi sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IIS 2 MAN 1 Malang tahun ajaran 2015/2016 / Yustia Impalawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) berbasis lesson study mata pelajaran ekonomi sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IIS 2 MAN 1 Malang tahun ajaran 2015/2016 / Yustia Impalawati

Impalawati, Yustia (2016) Penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) berbasis lesson study mata pelajaran ekonomi sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IIS 2 MAN 1 Malang tahun ajaran 2015/2016 / Yustia Impalawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Impalawati Yustia. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Lesson Study Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IIS 2 MAN 1 Malang Tahun Ajaran 2015/ 2016. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Agung Haryono S.E. M.P. Ak. (2) Drs. Mardono M.Si. Kata kunci Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Lesson Study Hasil Belajar Hasil observasi di MAN 1 Malang kelas XI IIS 2 menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih di bawah standar sebesar 75. Hal itu disebabkan karena dalam penyampaian materi yang dilakukan oleh guru masih menggunakan metode ceramah tanya jawab satu arah dan kurang maksimalnya penerapan model pembelajaran yang diterapkan sehingga berdampak terhadap hasil belajar siswa. Dengan adanya permasalahan tersebut perlu adanya model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Model yang dapat digunakan untuk memperbaiki masalah tersebut yaitu dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT). Tujuan dari penelitian ini yaitu menjelaskan penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) berbasis lesson study pada mata pelajaran ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IIS 2 MAN 1 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbasis lesson study. Penelitian ini menggunakan 2 siklus. Hasil belajar siswa dilihat dari nilai pre test dan post test siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT). Hasil penelitian dari siklus 1 menunjukkan berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar yaitu nilai pre test sebesar 18 5% dan post test sebesar 59 2%. Pada siklus 2 hasil belajar yang diperoleh berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar menunjukkan peningkatan yaitu nilai pre test sebesar 33 3% dan post test sebesar 85 1%. Kesimpulan pertama dari penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) dapat diterapkan dalam proses pembelajaran mata pelajaran ekonomi kedua penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Berdasarkan penelitian ini dapat dibuat saran sebagai berikut (1) Bagi Guru mata pelajaran ekonomi MAN 1 Malang dalam penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) sebaiknya memilih materi yang cocok dengan model pembelajaran tersebut (2) Bagi peneliti selanjutnya hendaknya mengelola kelas lebih baik lagi agar langkah-langkah pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) lebih terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39498

Actions (login required)

View Item View Item