Pengaruh kebiasaan mendengarkan musik dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS SMA Negeri 2 Batu / Rifaatul Mahmudah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kebiasaan mendengarkan musik dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS SMA Negeri 2 Batu / Rifaatul Mahmudah

Mahmudah, Rifaatul (2016) Pengaruh kebiasaan mendengarkan musik dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS SMA Negeri 2 Batu / Rifaatul Mahmudah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mahmudah Rifaatul. 2015. PengaruhKebiasaanMendengarkanMusikdanLingkunganBelajarPesertaDidikPada Mata PelajaranEkonomiKelas XI IlmuSosial SMA Negeri 2 Batu.Skripsi. Program StudiPendidikanEkonomi JurusanEkonomi Pembangunan FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Drs. PrihHardinto M. Si(II) Dr. Nasikh S. E. M. P. M. Pd Kata Kunci KebiasaanMendengarkanMusik lingkunganbelajardanhasilbelajar. Kebiasaanmendengarkanmusikmerupakansalahsatufaktor intern yang adadalamdiripesertadidikdalampencapaianhasilbelajar.Kebiasaanmendengarkanbukanmenjadisatu-satunyafaktor yang mempengaruhi.Faktorlainyaitufaktoreksternalsalahsatunyalingkunganbelajar. Lingkunganbelajar yang dimaksuddalampenelitianiniadalahsuasanarumah. Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengujisuatuteoriatauhipotesis yang mengenaikebiasaanmendengarkanmusikdanlingkunganbelajarpesertadidikdanbertujuanuntukmemperolehketerangan informasi data mengenaihal-hal yang belumdiketahuisebelumnyapadapesertadidikkelas XI IIS SMA Negeri 2 Batu. Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiankuantitatifeksplanatori.Sampeldalampenelitianiniditentukandenganproportional random sampling.Sampelpadapenelitianiniterdiridari 59 pesertadidik yang diambildenganjumlah yang hamper samadarisetiapkelasnyadengancaraundian. Setiapkelasdiwakilioleh 15 atau 14 pesertadidik.Teknikpengumpulan data dalampenelitianmenggunakanangketdanobservasi.Analisis data yang digunakanadalahregresi linier berganda. Berdasarkanhasilanalisis data tersebut diperolehtigasimpulansebagaiberikut.Pertama pengaruhkebiasaanmendengarkanmusikterhadaphasilbelajarpesertadidik.Signifikan t untukkebiasaan mendengarkan musik (X_1) sebesar (0 660) lebihbesardaritingkatsignifikansi alpha (0 05) makahipotesisnol (H_0) diterima dan (H_1) ditolak. Kedua pengaruhlingkunganbelajarterhadaphasilbelajarpesertadidik.Signifikan t untukvariabellingkunganbelajar (X_2) sebesar (0 333) lebih besar dari alpha (0 05) makahipotesisnol (H_0) diterima dan (H_1) ditolak.Sumbanganefektifvariasivariabelkebiasaanmendengarkanmusikterhadaphasilbelajaradalahsebesar 0 295% dansumbanganefektifvariasivariabellingkunganbelajarterhadaphasilbelajaradalahsebesar 1 599%. Persamaanregresiberdasarkananalisis regresi berganda dalam penelitian ini adalah Y 2 606 - 0 009X1 - 0 026X2 e. DengannilaiR 2 0 019 Sig F 0 580. Berdasarkanhasilpenelitiandiketahui bahwa seluruh variabel bebas (kebiasaan mendengarkan musik dan hasil belajar) tidak berpengaruh simultan dan signifikan terhadap variabel terikat (hasil belajar). Hal tersebut diketahui dari nilai signifikan F sebesar 0 580 pada tingkat signifikansi alpha sebesar 0 05 yang berarti hipotesis nol (H_0) diterima dan (H_1) ditolak.Demikian dapat disimpulkan bahwa kebiasaan mendengarkan musik dan lingkungan belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IIS SMA Negeri 2 Batu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39495

Actions (login required)

View Item View Item