Analisis motif konsumtif berdasarkan pemahaman dasar ekonomi (economic literacy) dan gaya hidup siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Singosari tahun pelajaran 2014/2015 / Syarifatul Mukaromah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis motif konsumtif berdasarkan pemahaman dasar ekonomi (economic literacy) dan gaya hidup siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Singosari tahun pelajaran 2014/2015 / Syarifatul Mukaromah

Mukaromah, Syarifatul (2015) Analisis motif konsumtif berdasarkan pemahaman dasar ekonomi (economic literacy) dan gaya hidup siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Singosari tahun pelajaran 2014/2015 / Syarifatul Mukaromah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mukaromah Syarifatul. 2015. Analisis Motif Konsumtif Berdasarkan Pemahaman Dasar Ekonomi dan Gaya Hidup Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Singosari .Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi M.E. M.Pd (II) Dr. Hadi Sumarsono S.T. M.Si. Kata Kunci Pemahaman Dasar Ekonomi Gaya Hidup Motif Konsumtif Kegiatan mengonsumsi suatu barang di kalangan siswa Sekolah Menengah Atas menjadi tidak terkendali akibat dari beragamnya motif siswa melakukan konsumsi di kehidupan sehari hari. Keberagaman motif mengonsumsi suatu barang memunculkan motif konsumtif di diri siswa Sekolah Menengah Atas. Salah satu faktornya adalah gaya hidup di kalangan siswa dan kurangnya pemahaman dasar ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui hubungan motif melakukan konsumtif berdasarkan pemahaman pemahaman dasar ekonomi (Economic Literacy) siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Singosari. (2) Mengetahui hubungan motif melakukan konsumtif berdasarkan gaya hidup siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Singosari. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Singosari. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah dokumentasi dan angket atau kuesioner. Data dianalisis dengan teknik prosentase dan regresi dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa terdapat hubungan signifikan motif melakukan konsumtif siswa dan pemahaman dasar ekonomi (Economic Literacy) dengan signifikansi sebesar 0 035. Terdapat hubungan signifikan motif melakukan konsumtif dan gaya hidup dengan signifikansi sebesar 0 000. Saran yang dapat dikemukakan berkaitan dengan penelitian ini adalah Motif melakukan konsumtif yang tinggi diharapakan dapat di minimalisir dengan pemberian pemahaman dasar ekonomi. Pemahaman dasar ekonomi (Economic Literacy) yang mayoritas masih di bawah rata rata di harapkan guru dapat meningkatkan pemahaman siswa terutama dalam penerapannya di kehidupan sehari hari. Peningkatan pemahaman siswa ditujukan agar siswa dapat membuat pilihan yang cerdas saat membelanjakan uangnya di samping tingginya motif melakukan konsumtif dan gaya hidup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Dec 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39493

Actions (login required)

View Item View Item