Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran Ekonomi di kelas XI IIS SMA Negeri 1 Grati Kabupaten Pasuruan / Muhammad Arriza Arrizqi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran Ekonomi di kelas XI IIS SMA Negeri 1 Grati Kabupaten Pasuruan / Muhammad Arriza Arrizqi

Arrizqi, Muhammad Arriza (2015) Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran Ekonomi di kelas XI IIS SMA Negeri 1 Grati Kabupaten Pasuruan / Muhammad Arriza Arrizqi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arriza Arrizqi Muhammad 2015. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ekonomi kelas XI IIS SMA Negeri 1 Grati Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nasikh MP. M.Pd Pembimbing (II) Drs. Sapir S.Sos. M.Si. Kata Kunci Teknologi Informasi dan Komunikasi Kualitas Pembelajaran. Kualitas pembelajaran merupakan iklim pembelajaran yang diciptakan oleh guru dan siswa pada saat kegiatan pembelajaran serta hasil yang dicapai setelah adanya kegiatan pembelajaran. Pemanfaatan Teknologi informasi dan komunikasi sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran adalah penggunaan Teknologi informasi dan komunikasi sebagai penunjang pada proses pembelajaran berlangsung yang dilakukan oleh guru dan siswa dikelas maupun proses pembelajaran secara mandiri baik yang dilakukan oleh guru maupun siswa pada saat berada diluar pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan Teknologi informasi dan komunikasi sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran pada mata pembelajaran ekonomi di kelas XI IIS SMA Negeri 1 Grati dan untuk mengetahui bagaimana respon siswa dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran mata pelajaran ekonomi . Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian yang berupahasil angket. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan laporan pengamatan langsung. Instrumen yang digunakan berupa data berupa instrumen angket dan wawancara. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan trianggulasi data dan tahap evaluasi data. Berdasarkan hasilpenelitian menunjukkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di kelas XI IIS SMA Negeri 1 Grati sudah sangat baik namun fasilitas yang disediakan oleh sekolah kurang memadai. Efektivitas waktu proses kegiatan pembelajaran adalah penghambat dalam terciptanya kualitas pembelajaran yang baik. Dikarenakan pada saat proses kegiatan pembelajaran siswa merasa kelelahan dan membuat suasana belajar menjadi tidak nyaman. Berdasarkan pengamatan sebagian siswa yang lebih memilih tidur dan mengobrol sisanya siswa hanya diam dan menanggapi materi tanpa keseriusan. .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39492

Actions (login required)

View Item View Item