Penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan menggunakan peta konsep untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X lintas minat ekonomi di SMA Negeri 02 Batu / Agus Saifuddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan menggunakan peta konsep untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X lintas minat ekonomi di SMA Negeri 02 Batu / Agus Saifuddin

Saifuddin, Agus (2015) Penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan menggunakan peta konsep untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X lintas minat ekonomi di SMA Negeri 02 Batu / Agus Saifuddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saifuddin Agus.2015. Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan Menggunakan Peta Konsep untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Lintas Minat Ekonomi D SMA Negeri 02 Batu. Skripsi JurusanEkonomi Pembangunan Program StudiPendidikanEkonomi FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Nasikh S.E M.P M.Pd (II) Dr. Sugeng Hadi Utomo M.Ec. Kata Kunci Student Facilitator and Explaining(SFE) Peta Konsep Keaktifan Belajar Siswa Prestasi Belajar Siswa. Pola umum kegiatan pengajaran adalah terjadinya interaksi antara guru dengan siswa dengan bahan ajar sebagai perantaranya. Sehingga model pembelajaran yang dipilih guru harus dapat mendorong antusias siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar sehingga akan meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa adalah Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan menggunakan peta konsep. SFE akan memberikan peran dominan kepada siswa dalam proses pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk menjelaskan kembali materi ajar kepada siswa lainnya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) mampu meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X Lintas Minat Ekonomi D SMA Negeri 02 Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dari penelitian ini dikumpukan melalui lembar observasi keaktifan siswa dokumentasi catatan lapangan soal tes yang berupa pre-test dan Post-test. Berdasarkanhasilpenelitian yang telahdilakukan di kelas X LintasMinatEkonomi D SMA Negeri 02 Batu dapatdiketahuibahwa (1) Penerapan model pembelajaranStudent Facilitator and Explaining (SFE) denganmenggunakanpetakonsepmampumeningkatkankeaktifansiswapadamatapelajaranekonomi. (2) Penerapan model pembelajaranStudent Facilitator and Explaining (SFE) denganmenggunkanpetakonsepmampumeningkatkanprestasibelajarsiswapadamatapelajaranekonomi. Saran yang dapat diberikan penulis dalam penelitian ini adalah (1) Bagi guru hendaknya dapat menerapkan model pembelajaran SFEyang disesuaikan dengan materi pembelajaran untuk mengatasi masalah keaktifan dan prestasi belajar siswa. (2) Bagi sekolah hendaknya menghimbau setiap guru untukmenerapkan modelpembelajaraninovatif dan menarik. (3) Bagipenelitiselanjutnya disarankanuntukmenerapkan model pembelajaranSFEdenganmenggunakanpetakonseppadamatapelajaranlain denganmenggantiataumenambahvariabelpenelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39486

Actions (login required)

View Item View Item