Penerapan metode pembelajaran kartu arisan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar dalam mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 1 SMAN 6 Malang / Moh. Maulana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kartu arisan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar dalam mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 1 SMAN 6 Malang / Moh. Maulana

Maulana, Moh. (2015) Penerapan metode pembelajaran kartu arisan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar dalam mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 1 SMAN 6 Malang / Moh. Maulana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maulana Moh. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Kartu Arisan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 1 SMAN 6 Malang. Skripsi JurusanPendidikanEkonomi FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Prih Hardinto M.Si (2) Drs. H. Achmad Ali Wafa M.Pd Kata kunci Kartu Arisan Berpikir Kritis Hasil Belajar Pembelajaranadalahsebagaisuatukegiatanuntukmengaturlingkunganbelajar yang mempunyaitujuandapatmengubahperilakupesertadidikkearah yang positifdanlebihbaiksesuaidengankemampuandanperbedaan yang dimilikiolehmasing-masingpesertadidik.Metode pembelajaran kartu arisan adalah suatumetodepembelajaran yang menggunakan media kartusebagaialatpembelajaran. Siswamembuatsoaldanjawabanpadakartuyang padaprosesnyanantipertanyaantersebutakandiundidansiswa lain menjawabpertanyaan. Pertanyaantersebutakandikembalikankepadasiswa yang membuatpertanyaan apakahjawabantemannyabenaratausalah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran metode kartu arisan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 1 di SMAN 6 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif penelitian tindakan kelas (PTK). Data paparan adalah keterlaksanaan penerapan pembelajaran kartu arisan meningkat dari siklus I sebesar 90 5% menjadi 96% pada siklus II. kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dari siklus I sebesar 73 7% menjadi 89 4% pada siklus II. Kemampuan kognitif siswa siklus I berupa pre test sebesar 6 89% dengan nilai rata-rata 55 dan post test sebesar 93 1% dengan nilai rata-rata 77 sedangkan kemampuan kognitif siswa pada siklus II berupa pre test sebesar 13 7% dengan nilai rata-rata 57 dan post test sebesar 96 5% dengan nilai rata-rata 80. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh beberapa simpulan hasil penelitian. Pertama keterlaksanaan pembelajaran dengan metode pembelajaran kartu arisan meningkat pada siklus II dibandingkan siklus I. Hal ini menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran ini sangat baik dan cocok diterapkan pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 1 di SMAN 6 Malang. Kedua kemampuan berpikir kritis siswa meningkat pada siklus II dibandingkan dengan siklus I sehingga penerapan pembelajaran ini sangat cocok diterapkan pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 1 di SMAN 6 Malang. Ketiga hasil belajar siswa meningkat pada siklus II dibandingkan dengan siklus I sehingga penerapan pembelajaran ini sangat cocok diterapkan pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 1 di SMAN 6 Malang. Kesimpulannya adalah penerapan pembelajaran dengan metode pembelajaran kartu arisan dapat diterapkan dengan baik serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 di SMAN 6 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39485

Actions (login required)

View Item View Item