Pengaruh kompetensi profesionalisme guru dan sarana belajar siswa di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Plosoklaten Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri / Wawan Dwi Prastyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kompetensi profesionalisme guru dan sarana belajar siswa di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Plosoklaten Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri / Wawan Dwi Prastyo

Prastyo, Wawan Dwi (2015) Pengaruh kompetensi profesionalisme guru dan sarana belajar siswa di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Plosoklaten Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri / Wawan Dwi Prastyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dwi Prastyo Wawan 2015. Pengaruh Kompetensi Profesionalisme Guru Serta Sarana Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa di SMAN 1 Plosoklaten Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri. Pembimbing (I) Drs. Mardono M.Si (II) Dr. Imam Mukhlis S.E. M.Si Kata Kunci Profesionalisme Guru Sarana Belajar Siswa Hasil Belajar Siswa Hasil belajar adalah salah satu tolok ukur berhasil tidaknya kegiatan pembelajaran. Bila hasil belajar siswa baik bisa dikatakan bahwa kegiatan pembelajaran terlaksana dengan sukses. Dalam hal tersebut perlu diketahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar tersebut. Dengan demikian bisa diketahui bagaimana cara meningkatkan atau memaksimalkan hasil belajar itu. Profesionalisme guru dan sarana belajar siswa di sekolah adalah salah satu faktor ekternal atau faktor yang berasal dari luar diri siswa yang mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kedua variabel yaitu profesionalisme guru dan sarana belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X-IPS SMAN 1 Plosoklaten baik pengaruh secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis ekplanasi dimana penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu profesionalisme guru dan sarana belajarr siswa. Data penelitian tentang profesionalisme guru dan sarana belajar diambil dengan menggunakan koesioner yang didalamnya terdapat beberapa butir pertanyaan yang dijabarkan dari indikator yang digunakan oleh peneliti sedangkan nilai hasil belajar didapat melalui dokumentasi dari guru ekonomi. Responden dalam penelitian ini menggunakan sampel sejumlah 98 siswa kelas XI-IPS. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasi sebagai berikut Berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa (1) Profesionalisme guru berpengaruh secara positif terhadap hasil belajar siswa (2) Sarana belajar siswa berpengaruh secara positif terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan uji F di peroleh hasil bahwa profesionalisme guru dan sarana belaja berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI-IPS SMAN 1 Plosoklaten. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) profesionalisme guru mempengaruhi hasil belajar siswa karena dengan karena dengan guru yang professional akan meningkatkan hasil belajar siswa. (2)sarana belajar siswa mempengaruhi hasil belajar siswa karena dengan sarana belajar yang terpenuhi sesuai apa yang dibutuhkan siswa dapat mempermudah siswa dalam belajar. (3)profesionalisme guru dan sarana belajar siswa berpengaruh untuk mencapai hasil belajar yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39482

Actions (login required)

View Item View Item