Manajemen ekstrakurikuler panahan sebagai wahana mendidik karakter peserta didik (studi kasus di Sekolah Dasar Islam Al Azhaar Tulungagung) / Novia Hesti Mirawati

Mirawati, Novia Hesti (2019) Manajemen ekstrakurikuler panahan sebagai wahana mendidik karakter peserta didik (studi kasus di Sekolah Dasar Islam Al Azhaar Tulungagung) / Novia Hesti Mirawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Mirawati, Novia Hesti. 2019. Manajemen Ekstrakurikuler Panahan Sebagai Wahana Mendidik Karakter Peserta Didik (Studi Kasus di Sekolah Dasar Islam Al Azhaar Tulungagung). Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Mustiningsih, M.Pd, (II) Ahmad Nurabadi, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: manajemen ekstrakurikuler, panahan, pendidikan karakter Kegiatan panahan merupakan salah satu olahraga sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. SD Islam Al Azhaar Tulungagung merupakan salah satu sekolah jenjang dasar yang menyelenggarakan ekstrakurikuler panahan dan berprestasi di bidang tersebut. Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler panahan merupakan salah satu wahana untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter meliputi religius, nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong royong. Melalui klub panahan, SD Islam Al Azhaar Tulungagung meraih juara 2 panahan tingkat Provinsi Jawa Timur yang diselenggarakan di Ponorogo dan merupakan capaian terbaik selama periode 2018-2019. Berkaitan dengan hal tersebut, diperlukan pembahasan mengenai manajemen ekstrakurikuler panahan sebagai wahana mendidik karakter peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi, kendala dan pendukung, dan upaya mengatasi kendala serta pemberdayaan pendukung manajemen ekstrakurikuler panahan sebagai wahana mendidik karakter peserta didik SD Islam Al Azhaar Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Peneliti berusaha untuk mengetahui secara mendalam terhadap suatu program. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti untuk mendapatkan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya tahap yang dilakukan peneliti untuk proses analisis data diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah tahap analisis, peneliti mengecek keabsahan data penelitian dengan cara meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan pemeriksaan/diskusi teman sejawat. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh enam temuan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, perencanaan ekstrakurikuler panahan sebagai wahana mendidik karakter peserta didik SD Islam Al Azhaar Tulungagung meliputi: (1) mempertimbangkan manfaat untuk peserta didik, sekolah, dan masyarakat; (2) nilai pendidikan karakter yang terkandung yaitu religius, nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong royong; (3) mempersiapkan sarana dan prasarana, pembina, dan materi; (4) pihak yang terlibat yaitu: waka kesiswaan dan pembina eksrakurikuler; dan (5) menetapkan pembina, sarana dan prasarana, jadwal kegiatan, dan anggota ekstrakurikuler. Kedua, pengorganisasian ekstrakurikuler panahan sebagai wahana mendidik karakter peserta didik SD Islam Al Azhaar Tulungagung melibatkan beberapa pihak yaitu waka kesiswaan dan pembina ekstrakurikuler yang selanjutnya menentukan tugas dan wewenang pihak-pihak tersebut. Pembina ekstrakurikuler berperan mengembangkan nilai pendidikan karakter mandiri. vii Ketiga, pelaksanaan ekstrakurikuler panahan sebagai wahana mendidik karakter peserta didik SD Islam Al Azhaar Tulungagung dilaksanakan sesuai jadwal yaitu setiap hari Jumat pukul 13.00-14.00 WIB. Adapun pelaksanaan ekstrakurikuler panahan meliputi: (1) tempat pelaksanaan di indoor (pemberian materi, tanya jawab, menghafal, dan pemberian soal) dan outdoor (praktik); (2) pihak yang terlibat yaitu pembina, pendamping, dan anggota ekstrakurikuler; (3) nilai pendidikan karakter yang terkandung yaitu religius, mandiri, dan gotong royong; dan (d) prestasi yang dicapai yaitu tingkat kabupaten/kota dan provinsi. Keempat, evaluasi ekstrakurikuler panahan sebagai wahana mendidik karakter peserta didik SD Islam Al Azhaar Tulungagung meliputi: (1) jadwal evaluasi (setiap hari Jumat dan setiap semester); (2) kegiatan evaluasi berupa penyampaian permasalahan dan mencari solusi penyelesaian; (3) pihak yang terlibat yaitu kepala sekolah, waka kesiswaan, pembina, pendamping, dan anggota ekstrakurikuler; dan (4) nilai pendidikan karakter yaitu integritas dan mandiri. Kelima, kendala dan pendukung manajemen ekstrakurikuler panahan sebagai wahana mendidik karakter peserta didik SD Islam Al Azhaar Tulungagung. Kendala manajemen ekstrakurikuler panahan yaitu sarana dan prasarana tidak memadai, pembina ekstrakurikuler resign, dan cuaca tidak dapat diprediksi. Selanjutnya faktor pendukung dari segi sarana dan prasarana yaitu mempunyai tempat yang luas dan sepi serta peralatan panahan sudah lengkap. Dari segi keuangan terdapat dana BOS yang dioperasionalkan untuk kegiatan ekstrakurikuler dan tambahan dari wali santri. Pembina dituntut mempunyai integritas yang tinggi dalam pengelolaan keuangan ekstrakurikuler panahan. Dari segi peserta didik yaitu memiliki 800 santri dan daya tampung setiap esktrakurikuler adalah 30 anak. Upaya mengatasi kendala dan pemberdayaan pendukung manajemen ekstrakurikuler panahan sebagai wahana mendidik karakter peserta didik SD Islam Al Azhaar Tulungagung yaitu segera melengkapi sarana dan prasarana yang kurang, menghubungi Perpani (Persatuan Panahan Indonesia), dan pelaksanaan ekstrakurikuler dilakukan di kelas ketika hujan dan dilakukan di lapangan kalau tidak hujan. Selanjutnya pendukung yang ada diberdayakan dengan cara memaksimalkan sarana dan prasarana yang ada, keuangan sekolah sangat cukup untuk pelaksanaan ekstrakurikuler, dan memilih peserta didik yang mempunyai bakat, minat, dan mahir di panahan. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada: (1) Kepala SD Islam Al Azhaar Tulungagung, untuk melakukan evaluasi secara langsung terhadap pelaksanaan kegiatan esktrakurikuler dan segera merekrut pembina ekstrakurikuler panahan agar kegiatan ekstrakurikuler dapat berjalan optimal; (2) pembina ekstrakurikuler panahan, di dalam melaksanakan pembinaan lebih ditingkatkan agar prestasi yang diraih dapat meningkat lebih baik lagi; (3) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan, hasil penelitian ini diharapkan sebagai penambah kuantitas referensi bidang Administrasi Pendidikan; (4) Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan, agar lebih meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa, khususnya tentang manajemen peserta didik terutama manajemen ekstrakurikuler; dan (5) peneliti lain, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber referensi dalam mengembangkan penelitian selanjutnya terutama dalam hal penelitian sejenis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3948

Actions (login required)

View Item View Item