Rozaq, Mochamad Abdul (2015) Pengaruh pendidikan ekonomi dalam keluarga, kemampuan mengelola uang saku, dan hasil belajar ekonomi terhadap pola konsumsi siswa kelas X IIS SMA Negeri 6 Malang tahun pelajaran 2014/2015 / Mochamad Abdul Rozaq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rozaq Mochamad Abdul. 2015. Pengaruh Pendidikan Ekonomi dalam Keluarga Kemampuan Mengelola Uang Saku dan Hasil Belajar Ekonomi Terhadap Pola Konsumsi Siswa Kelas X IIS SMA Negeri 6 Malang Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (i) Dr. Hj. Sri Umi Mintarti Widjaya. S.E. M.P. Ak (ii) Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo. S.Th M.Div. M.E Kata Kunci pendidikan ekonomi dalam keluarga kemampuan mengelola uang saku hasil belajar ekonomi dan pola konsumsi siswa Dalam era globalisasi saat ini perkembangan teknologi dan arus informasi semakin berkembang dikalangan masyarakat tentang berbagai macam barang-barang yang ditawarkan. Pendidikan ekonomi dalam keluarga yang diberikan oleh orang tua pada anaknya dalam bentuk memberi arahan pada anaknya agar dapat menggunakan uang sakunya dengan baik akan membentuk pola konsumsi yang baik juga bagi anaknya. Pemberian uang saku sebenarnya adalah salah satu media sederhana untuk mulai mengajarkan arti perencanaan dan tanggung jawab. Ekonomi sebagai mata pelajaran di SMA diharapkan mampu memberikan pemahaman siswa mengenai rasionalitas konsumsi dalam kehidupan sehari-hari agar dapat mengelola keuangannya dengan baik. Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel bebas yaitu variabel pendidikan ekonomi dalam keluarga kemampuan mengelola uang saku dan hasil belajar ekonomi. Penelitian ini adalah penelitian eksplanatori yang bertujuan menjelaskan dan menganalisis variabel tertentu secara obyektif kondisi empiris yang akan dijelaskan dan dianalisis adalah pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel independen dan satu variabel dependen. Sampel berjumlah 96 siswa pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner dan dokumentasi. Teknik kuesioner dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang pendidikan ekonomi dalam keluarga kemampuan mengelola uang saku dan pola konsumsi siswa. Sedangkan teknik dokumentasi dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Data dianalisis dengan teknik deskriptif dan regresi berganda dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 for Windows. Hasil analisis dan pembahasan memberikan beberapa kesimpulan antara lain sebagai berikut 1) pendidikan ekonomi dalam keluarga berpengaruh terhadap pola konsumsi siswa. 2) kemampuan mengelola uang saku siswa berpengaruh terhadap pola konsumsi siswa. 3) hasil belajar ekonomi siswa berpengaruh terhadap pola konsumsi siswa. 4) pendidikan ekonomi dalam keluarga kemampuan mengelola uang saku dan Hasil belajar ekonomi berpengaruh terhadap pola konsumsi siswa. 5) variabel kemampuan mengelola uang saku siswa mempunyai kontribusi terbesar dalam mempengaruhi pola konsumsi siswa. Beberapa saran yang dapat penulis sampaikan yaitu 1) Guru sebagai fasilitator untuk para siswa hendaknya dapat menampilkan metode pembelajran yang kreatif dan inovatif dalam kegiatan belajar mengajar dan mengaitkan materi dengan keadaan nyata sehingga siswa dapat dengan mudah mengerti dan mampu menerapkan dalam lingkungan sekitarnya.2) Sekolah yang bersangkutan penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam merencanakan program sekolah yang berkenaan dengan meningkatkan perilaku konsumsi siswa yang rasional.3)Peneliti selanjutnya sebaiknya menambah variabel yang belum termuat agar dapat memberikan kontribusi peningkatan pola konsumsi siswa yang rasional.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Sep 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39477 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |