Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan aktifitas belajar dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS 1 MAN Malang 2 Kota Batu / Sofiyan Pradana Kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan aktifitas belajar dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS 1 MAN Malang 2 Kota Batu / Sofiyan Pradana Kusuma

Kusuma, Sofiyan Pradana (2015) Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan aktifitas belajar dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS 1 MAN Malang 2 Kota Batu / Sofiyan Pradana Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusuma Sofiyan Pradana. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS 1 MAN Malang 2 Kota Batu. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sapir S.Sos M.Si. (2) Dr. Nasikh S.E. M.P. M.Pd. Kata Kunci Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Teams Games Tournament (TGT) AktivitasBelajar Siswa Hasil Belajar Siswa. Aktivitasbelajar dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS 1MAN Malang 2 Kota Batu tergolong masih rendah karena metode dan teknik pembelajaran yang diterapkan oleh guru masihkurang variatif sehingga siswa merasa bosan dan hasil belajar ekonomi siswa pun rendah.Guna mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu metode dan teknik pembelajaran yang lebihvariatif yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif teknikTeams Games Tournament (TGT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas belajar dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS 1MAN Malang 2 Kota Batu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang ditempuh dalam duasiklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatandan refleksi yang dilaksanakan dalam dua kali pertemuan setiap siklusnya. Adapun yang menjadi subjekpenelitian adalah siswa XI IPS 1MAN Malang 2 Kota Batu yang berjumlah 35 siswa.Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berupa pre tes dan pos tes sedangkan instrumen untuk mengetahui aktivitas belajar siswa berupa lembarobservasi. Dari tindakan yang diterapkan pada siklus I diketahui bahwa pada pertemuan pertama siklus I rata-rata prosentase aktivitas belajar siswa adalah sebesar 60 95% dan pada pertemuan kedua adalah 66 13%. Itu artinya terjadi peningkatan 5 18 %. Sedangkan dari soal pre tes dan pos tes yang diberikan diketahui bahwa rata-rata klasikal hasil belajar siswa meningkat sebesar 17 86% dari 58 71 pada nilai pre tes menjadi 76 57 pada nilai pos tes. Dari hasil refleksi diketahui bahwa tindakan pada siklus I dinilai belum maksimal sehingga perlu dilaksanakan siklus II. Dari tindakan yang diterapkan pada siklus II diketahui bahwa pada pertemuan pertama siklus II rata-rata prosentase aktivitas belajar siswa adalah sebesar 73 23%dan pada pertemuan kedua adalah 81 58%. Itu artinya terjadi peningkatan 8 35%. Sedangkan dari soal pre tes dan pos tes yang diberikan diketahui bahwa rata-rata klasikal hasil belajar siswa meningkat sebesar 25 01% dari 59 42 pada nilai pre tes menjadi 84 43 pada pos tes. Secara klasikal sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimum 8805 75 dan dianggap memuaskan. Dari refleksi siklus II diketahui bahwa tindakan yang diterapkan sudah baik dan dirasa cukup. Dari hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif teknik Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 MAN Malang 2 Kota Batu. Dengan begitu guru hendaknya menerapkan pembelajaran yang aktif inovatif kreatif efektif dan menyenangkan salah satunya menggunakan metode pembelajaran kooperatif teknik TGT supaya pembelajaran menjadi lebih aktif dan lebih berpusat pada siswa (student oriented). Bagi sekolah hasil penelitian ini hendaknnya menjadi bahan pertimbangan dalam upaya meningkatkan keterampilan mengajar guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39475

Actions (login required)

View Item View Item