Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS 4 MAN Malang 2 Kota Batu tahun ajaran 2014/2015 / Abdurrahman Al Firdausi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS 4 MAN Malang 2 Kota Batu tahun ajaran 2014/2015 / Abdurrahman Al Firdausi

Abdurrahman, Al Firdausi (2015) Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS 4 MAN Malang 2 Kota Batu tahun ajaran 2014/2015 / Abdurrahman Al Firdausi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Al-firdausi Abdurrahman. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS 4 MAN Malang 2 Kota Batu. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sapir S.Sos M.Si. (2) Drs.Achmad Ali Wafa M.Pd. Kata Kunci metode pembelajaran kooperatif teknik Numbered Heads Together (NHT) motivasi belajar siswa hasil belajar siswa. Pendidikan merupakan salah satu elemen penting dalam kehidupan. Pendidikan yang baik akan melahirkan sumberdaya-sumberdaya manusia yang baik pula. Maka dari itu dari tahun ke tahun pendidikan mengalami suatu revolusi yang berkelanjutan menuju ke arah yang lebih baik. Mulai dari penyempurnaankurikulum penerapanmetode-metodepembelajaran yang efektifdankontemporer sertapeningkatankualitasparapengajar/guru. Seorang guru yang baik harus bisa mengatasi berbagai permasalahan yang ditemui saat proses pembelajaran. Masalah pelik yang sering terjadi di lapangan adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya motivasi belajar yang dimilikinya. Khususnya pada mata pelajaran ekonomi. Belajarekonomidenganmemahamisekianbanyakkonsepnyaterkadangmembuatpesertadidik (siswa) menjaditidakbersemangatdanmerasabosan.Jikahalituterjadihasilbelajarnyapunakanmenurun. Menanganihaltersebut guru dituntutmampumengembangkansuatu model pembelajaran yang dapatmemikatperhatiansiswasehinggaadadorongandalamdirinyauntukbelajarlebihbaik.Salah satumetodepembelajaran yang efektifuntukmeningkatkanmotivasibelajarsiswaadalahmetodepembelajarankooperatifteknik Numbered Heads Together (NHT).Metodeinimenekankanataskerjasamaindividudalamkelompoksehinggadengankerjasamatersebutmotivasibelajarsiswadiharapkanmeningkat.Atas dasar permasalahan diatas dipilihlah judul penelitian Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS 4 MAN Malang 2 Kota Batu . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk memperbaiki suatu keadaan pembelajaran di kelas dengan melakukan tindakan. Tindakan yang akanditerapkanadalahmetodepembelajarankooperatifteknikNumbered Heads Together (NHT) dankeadaaan yang akandiperbaikiadalahmotivasidanhasilbelajarsiswa. Subjek yang menjadipopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelas XI IPS 4 MAN Malang 2 Kota Batu yang berjumlah 32 orang.Prosedurpelaksanaan PTK initerdiridariduasiklusyaitusiklus I dansiklus II.Setiapsiklusterdiridaridaridua kali pertemuan.Instrumenpenelitianyaituperangkatpembelajaranberupasilabusdan RPP soal pre tesdanpostes lembarpengamatanmotivasibelajarsiswa lembarwawancaradancatatanlapangan.Penilaianmotivasibelajarsiswamenggunakanlembarpengamatanmotivasibelajardanhasilbelajardiukurmelaluisoal pre tesyang diberikansebelumpenerapantindakandansoalpostes yang diberikansetelahnya. Daritindakan yang diterapkanpadasiklus I diketahuibahwapadapertemuanpertamasiklus I rata-rata persentasemotivasibelajarsiswaadalahsebesar 64 445% danpadapertemuankeduaadalah 70 76%. Itu artinya terjadi peningkatan 6 31 %. Sedangkan dari soal pre tes dan pos tes yang diberikan diketahui bahwa rata-rata klasikal hasil belajar siswa meningkat sebesar 29 53% dari 48 12 pada nilai pre tes menjadi 77 65 pada pos tes. Dari hasil refleksi diketahui bahwa tindakan pada siklus I dinilai belum maksimal sehingga perlu dilaksanakan siklus II. Dari tindakan yang diterapkanpadasiklus IIdiketahuibahwapadapertemuanpertamasiklus II rata-rata persentasemotivasibelajarsiswaadalahsebesar75 52%danpadapertemuankeduaadalah80 35%. Itu artinya terjadi peningkatan 4.83%. Sedangkan dari soal pre tes dan pos tes yang diberikan diketahui bahwa rata-rata klasikal hasil belajar siswa meningkat sebesar 37 81% dari 50 78 pada nilai pre tes menjadi 88 59 pada pos tes. Secara klasikal sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimum 8805 75 dan dianggap memuaskan. Dari refleksi siklus II diketahui bahwa tindakan yang diterapkan sudah baik dan dirasa cukup. Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Numbered Heads Together (NHT) membuat pembelajaran di kelas lebih kondusif dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode ceramah atau metode konvensional lainnya. Melalui teknik NHT siswa di kelas menjadi lebih bertanggung jawab atas dirinya dan pada kelompoknya. Sehingga ada motivasi dalam dirinya untuk belajar dengan sungguh-sungguh. Motivasi belajar yang tinggi ditunjukkan oleh tingginya intensitas interaksi antara siswa dengan guru atau antara siswa dengan siswa. Motivasi belajar yang tingi membuat hasil belajar mereka juga meningkat. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar mereka pada siklus I dan siklus II. Dari hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif teknik Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 4 MAN Malang 2 Kota Batu. Dengan begitu guru hendaknya menerapkan pembelajaran yang aktif inovatif kreatif efektif dan menyenangkan salah satunya menggunakan metode pembelajaran kooperatif teknik NHT supaya pembelajaran menjadi lebih aktif dan lebih berpusat pada siswa (student oriented). Bagisekolah hasil penelitian ini hendaknnya menjadi bahan pertimbangan dalam upaya meningkatkan keterampilan mengajar guru supaya dapat mendukung hasil belajar siswa. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39474

Actions (login required)

View Item View Item