Penerapan pembelajaran metode Time Token Arends (TTA) untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS 4 di SMAN 1 Batu / Oktavia Nardiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran metode Time Token Arends (TTA) untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS 4 di SMAN 1 Batu / Oktavia Nardiani

Nardiani, Oktavia (2015) Penerapan pembelajaran metode Time Token Arends (TTA) untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS 4 di SMAN 1 Batu / Oktavia Nardiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nardiani Oktavia. 2015.Penerapan Pembelajaran Metode Time Token Arends (TTA) Untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS 4 Di SMAN 1 Batu. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sapir S.Sos M.Si (II) Dr. SugengHadiUtomo M.Ec. Kata Kunci Metode Time Token Arends (TTA) Kemampuan Bertanya Hasil Belajar Berdasarkan observasi awal di SMAN 1 Batu permasalahan yang ditemukan peneliti pada kelas X IIS 4 siswa dikelas ini masih cenderung pasif dan kurang memperhatikan pelajaran ekonomi. Hal ini terlihat ketika guru memberikan sebuah permasalahan ekonomi dan hanya beberapa siswa yang aktif dan mendominasi dalam menanggapi maupun menjawab permasalahan tersebut. Untuk mengatasi hal ini peneliti menerapkan metode pembelajaran Time Token Arends (TTA) untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS 4. Melalui penerapan metode Time Token Arends (TTA) yang menggunakan kartu bicara sebagai alat utama untuk berdiskusi siswa diberi kesempatan untuk berpendapat bertanya memberi sanggahan tentang masalah yang sedang dibahas dalam diskusi sehingga kelas tidak didominasi oleh beberapa siswa yang aktif saja namun siswa yang pasif juga memiliki kesempatan yang sama jika ingin mendapatkan nilai. Tujuan peneliti menerapkan metode Time Token Arends (TTA) ini untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa serta melatih siswa dalam menyampaikan pendapat maupun bertanya sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukandalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XIIS 4 di SMAN 1 Batudenganjumlahsiswasebanyak 28 siswa yang terdiridari 9 siswalaki-lakidan 19 siswaperempuan. Teknik pengambilan data pada penelitian ini meliputi observasi wawancara catatan lapangan angket respon siswa soal pre test dan post test dan dokumentasi. Berdasarkan analisis hasil kemampuan bertanya siswa pada siklus I siswa yang memperoleh tingkat kemampuan bertanya kategori sangat baik ada 14 siswa dan siswa kategori baik ada 14 siswa. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan hasil kemampuan bertanya siswa yaitu siswa dengan kategori sangat baik ada 19 siswa dan siswa kategori baik ada 9 siswa. Sedangkan untuk hasil belajar juga mengalami peningkatan pada nilaipre test dan post test siklus I yaitu terdapat 5 siswa yang tuntas belajar 23 siswa yang belum tuntas belajar dengan nilai rata-rata 59 82 dan dengan persentase hasil belajar klasikal sebesar 18%. Sedangkan Untuk hasil post test pada siklus I diketahui terdapat 19 siswa yang tuntas belajar 9 siswa yang belum tuntas belajar dengan nilai rata-rata 78 92 dan dengan persentase hasil belajar klasikal sebesar 68%. Untuk Siklus II hasil pre test terdapat 14 siswa yang tuntas belajar 14 siswa yang belum tuntas belajar dengan nilai rata-rata 68 57 dan dengan persentase hasil belajar klasikal sebesar 50%. Sedangkan Untuk hasil post test pada siklus II diketahui terdapat 22 siswa yang tuntas belajar 6 siswa yang belum tuntas belajar dengan nilai rata-rata 79 82 dan dengan persentase hasil belajar klasikal sebesar 78%. Dan untuk respon terhadap penerapan pembelajaran Time Token Arends (TTA) disajikan dalam bentuk angket dengan 10 pertanyaan dan dihitung menggunakan skala Likert dan mendapatkan hasil dan respon yang positif. Dari serangkaian analisis data hasil kemampuan bertanya siswa dan hasil belajar dengan menerapkan metode pembelajaran Time Token Arends (TTA) pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dan dari hasil penelitian ini mendapatkan respon yang positif dari guru dan siswa kelas X IIS 4. Sehingga disarankan bagi guru untuk menerapkan pembelajaran metode Time Token Arends (TTA) untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan hasil belajar serta untuk menghindari siswa yang mendominasi dalampembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39472

Actions (login required)

View Item View Item