Hubungan persepsi terhadap budaya sekolah dengan penguatan pendidikan karakter peserta didik SDN di Desa Karangrejo Kecamatan Garum Kabupaten Blitar / Evilia Wahyu Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan persepsi terhadap budaya sekolah dengan penguatan pendidikan karakter peserta didik SDN di Desa Karangrejo Kecamatan Garum Kabupaten Blitar / Evilia Wahyu Rahmawati

Rahmawati, Evilia Wahyu (2019) Hubungan persepsi terhadap budaya sekolah dengan penguatan pendidikan karakter peserta didik SDN di Desa Karangrejo Kecamatan Garum Kabupaten Blitar / Evilia Wahyu Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rahmawati Evilia Wahyu. 2019. Hubungan Persepsi Terhadap Budaya Sekolah Dengan Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik SDN di Desa Karangrejo Kecamatan Garum Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ali Imron M.Pd. M.Si. (II) Desi Eri Kusumaningrum S.Pd. M.Pd. Kata Kunci persepsi budaya sekolah penguatan pendidikan karakter peserta didik Budaya sekolah/school culture merupakan kepercayaan nilai perilaku dan sikap yang akan mencerminkan karakteristik sekolah. Budaya sekolah dikatakan sebagai karakteristik karena dapat mencirikan dan menjadi pembeda antar sekolah dimana di setiap sekolah pasti memiliki budaya sendiri-sendiri. Suatu sekolah sebagai lingkungan peserta didik menuntut ilmu yang disertai dengan budaya sekolah dapat membantu peserta didik dalam membentuk karakter yang positif melalui persepsi dari peserta didik dalam mengartikan budaya sekolah yang diterima untuk direspon dalam bentuk tingkah laku. Berdasarkan dari persepsi peserta didik tersebut akan berpengaruh pada pembentukan karakter peserta didik yang baik atau buruk. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu berkaitan dengan tingkat persepsi peserta didik terhadap budaya sekolah tingkat penguatan pendidikan karakter peserta didik hubungan persepsi terhadap budaya sekolah dengan penguatan pendidikan karakter peserta didik dan besar sumbangan efektif budaya sekolah terhadap penguatan pendidikan karakter peserta didik SDN di Desa Karangrejo Kecamatan Garum Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kuantitatif yang bersifat korelasi berdasarkan pada data kuantitatif yang diperoleh dari data empirik. Lokasi penelitian ini di lima SDN di Desa Karangrejo Kecamatan Garum Kabupaten Blitar. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen penelitian dalam bentuk angket/kuesioner. Uji prasyarata analisis yang digunakan yaitu uji validitas uji reliabilitas uji normalitas dan uji linieritas. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi Pearson dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat budaya sekolah menurut persepsi dari peserta didik berada dalam kategori sedang yaitu dengan rata-rata 100 53 dengan persentase sebesar 28% dan tingkat penguatan pendidikan karakter peserta didik juga berada dalam kategori sedang yaitu dengan rata-rata 170 2 dengan persentase sebesar 26%. Secara simultan terdapat hubungan yang positif dan signifikan persepsi peserta didik terhadap budaya sekolah dengan penguatan pendidikan karakter peserta didik sekolah dasar negeri di Desa Karangrejo Kecamatan Garum Kabupaten Blitar. Besar sumbangan efektif budaya sekolah terhadap karakter peserta didik yaitu sebesar 7 6% dan 92 4% yang lain dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3947

Actions (login required)

View Item View Item