Pengaruh kompetensi guru ekonomi terhadap hasil belajar siswa kelas XII IPS mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri/Sederajat seKabupaten Sampang / Centia Agustina

Agustina, Centia (2015) Pengaruh kompetensi guru ekonomi terhadap hasil belajar siswa kelas XII IPS mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri/Sederajat seKabupaten Sampang / Centia Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Centia, Agustina. 2015. Pengaruh Kompetensi Guru Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri/Sederajat Se- Kabupaten Sampang.Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Mardono, M,Si. (2) Drs. Sapir S.Sos, M.Si. Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi sosial, Hasil Belajar. Pendidikan adalah sarana untuk mencerdaskan anak bangsa baik dari segi intelektual maupun spiritual. Sekolah juga merupakan salah satu lembaga yang bergerak di bidang pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik, kompentensi profesional, kompetensi kepribadian, kompentensi sosial guru ekonomi terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri/Sederajat Se-Kabupaten Sampang, serta mengetahui pengaruh kompetensi guru ekonomi terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri/Sederajat Se-KabupatenSampang. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian Eksplanasi dan rancangan penelitianya menggunakan deskriptif korelasional. Untuk memberikan gambaran tentang variabel kompetensi guru SMA Negeri/Sederajat Se-Kabupaten Sampang. Korelasional digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Untuk mengukur korelasional peneliti mengunakan tehnik analisis berganda. Obyek dalam penelitian ini guru mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri/Sederajat Se-Kabupaten Sampang yang berjumlah 30 orang. Dari hasil analisis data tersebut, diperoleh hasil pertama, ada pengaruh antara kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri/Sederajat Se-Kabupaten Sampang sebesar 0,00 ≤ α sebesar 0,05. Kedua, tidak ada pengaruh antara kompentesi profesional guru terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri/sederajat Se-Kabupaten Sampang sebesar 0,316 > 0,05. Ketiga, ada pengaruh antara kompetensi kepribadian terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri/Sederajat Se-Kabupaten Sampang sebesar 0,043 ≤ α sebesar 0,05. Keempat, ada pengaruh antara kompetensi sosial terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri/Sederajat Se-Kabupaten sampang sebesar 0,00 ≤ α sebesar 0,05. Kelima, ada pengaruh secara simultan kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri/Sederajat Se-Kabupaten Sampang sebesar 0,00 ≤ α sebesar 0,05. Saran dari hasil penelitian ini perlu adanya peningkatan kompetensi bagi guru untuk menunjang proses pembelajaran selanjutnya. Bukan hanya itu, guru seharusnya memanfaatkan sarana prasarana sekolah untuk menunjang kegiatan belajar mengajar dan bagi sekolah diharapkan dapat memantau dan mengevaluasi guru agar dapat meningkatkan kompetensi yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39466

Actions (login required)

View Item View Item