Pelaksanaan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan alat dan sistem pembayaran untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IIS di SMA Negeri 1 Garum-Blitar / Desi Pramita Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan alat dan sistem pembayaran untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IIS di SMA Negeri 1 Garum-Blitar / Desi Pramita Putri

Putri, Desi Pramita (2015) Pelaksanaan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan alat dan sistem pembayaran untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IIS di SMA Negeri 1 Garum-Blitar / Desi Pramita Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Desi Pramita. 2015. PenerapanPembelajaranBerbasisMasalah (Problem Based Learning) untukMeningkatkanKemampuan Berpikir KritisdanHasilBelajar Mata PelajaranEkonomiSiswaKelas X IIS SMA Negeri 1 Garum Blitar Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Program StudiPendidikanEkonomi JurusanEkonomi Pembangunan FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sapir S.Sos. M.Si(II) Dr. Nasikh S.E. M.P. M.Pd Kata Kunci PembelajaranBerbasisMasalah (Problem Based Learning) kemampuan berpikir kritisdanhasilbelajarsiswa. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipenerapan model pembelajaranpembelajaranberbasismasalah (Problem Based Learning)dapatmeningkatkankemampuan berpikir kritisdanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranEkonomikelas X IIS 3 SMA Negeri 1 Garum. Berdasarkanobservasiawal yang dilakukan di SMA Negeri 1 Garum padakelas X IIS 3 diketahuibahwa proses pembelajaranpadamatapelajaranEkonomibelummenggunakan model yang mudahmembuatsiswamenjadibersemangatdanaktif yang berdampakpadarendahnyahasilbelajarsiswa. Hasilobservasijugamenunjukkanbahwasiswakelas X IIS 3 diperlukansuatupembelajaran yang tepat menarik danmenyenangkanyaitu model pembelajaranberbasismasalah (Problem Based Learning)yang diharapkandapatmembantusiswauntukmengasahcaraberpikirmerekaterhadapsuatumasalahsehinggamampumeningkatkankemampuan berpikir kritisdanjugahasilbelajarsiswa. Jenispenelitian yang digunakanadalahpenelitiantindakankelas. Penelitianinidilaksanakandalam 2 siklus. Subjekpenelitianiniadalahsiswakelas X IIS 3 SMA Negeri 1 Garumdenganjumlahsiswa 34 siswa yang terdiridari14 siswalaki-lakidan 20 siswiperempuantahunajaran 2014/2015. Data yang digunakanadalahkemampuan berpikir kritissiswadarilembarobservasidanhasilbelajarsiswaaspekkognitif. Instrumen yang digunakanadalahsoaltes lembarobservasi catatanlapangandandokumentasi. Berdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwaterjadipeningkatanaktivitassiswakelas X IIS 3. Hal iniditunjukkandenganpersentasehasilkemampuanberpikirkritissiswasiklus I sebesar 61 3% danpadasiklus II meningkat 77%. Peningkatanhasilbelajarsiswadapatterlihatdariketuntasanhasilbelajarsiswaranahkognitifdengannilai rata-rata post testsiswa yang meningkatdarisiklus I sebesar78 64% meningkatmenjadi91 61% padasiklus II. Demikiandapatdisimpulkanbahwapenerapanpenerapanpembelajaranberbasismasalah (Problem Based Learning)dapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelas X IIS 3 SMA Negeri 1 Garum. Saran untuk guru matapelajaranEkonomibahwa model inidapatdijadikanalternatifuntukmeningkatkankemampuan berpikir kritisdanhasilbelajarsiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39465

Actions (login required)

View Item View Item