Peran koperasi senagai sarana pendidikan finansial dalam upaya meningkatkan financial literacy anggota (studi kasus pada Koperasi Kredit Kosayu Malang) / Atri Yunita Nurjayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran koperasi senagai sarana pendidikan finansial dalam upaya meningkatkan financial literacy anggota (studi kasus pada Koperasi Kredit Kosayu Malang) / Atri Yunita Nurjayanti

Nurjayanti, Atri Yunita (2015) Peran koperasi senagai sarana pendidikan finansial dalam upaya meningkatkan financial literacy anggota (studi kasus pada Koperasi Kredit Kosayu Malang) / Atri Yunita Nurjayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurjayanti AtriYunita. 2015. PeranKoperasisebagaiSaranaPendidikanFinansialdalamUpayaMeningkatkan Financial Literacy Anggota (StudiKasusPadaKoperasiKreditKosayu Malang).Skripsi JurusanEkonomi Pembangunan FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. AgungHaryono S.E. M.P. Ak (II) Dr. DwiWulandari S.E. M.M. Kata Kunci PeranKoperasi SaranaPendidikanFinansial Financial Literacy Koperasimemilikikewajibandalammendidikanggotadalamupayamempertinggikualitaskehidupanmanusiadanmasyarakat yang tercantumdalamUndang-UndangRepublik Indonesia no. 25 Tahun 1992.Tetapimasihbanyak di lapangan koperasi yang tidakmencerminkanjatidirikoperasi yang sebenarnya yang hanyamemikirkanlababesar demi kepentinganbeberapa orang dantidakmenyelenggarakanpendidikanpadaanggota jadiperkembangankoperasibergantungpada modal bukanpadakualitasanggota.Sehinggamengakibatkananggotatidakmengertimengenaihaksebagaianggotadanhanyamengetahuikewajibannyasebagaianggotadanpadaakhirnyakesejahteraananggotatidaktercapai bahkankoperasipadaakhirnyamengalami gulungtikar .Olehsebabituperlupendidikanmengenainilai-nilaikoperasidanpendidikankeuangansebagaiupayameningkatkankemampuananggotadalammengelolakeuangan (financial literacy) untukmencapaikesejahteraan. Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptif denganjenispenelitiankualitatif.Pengumpulan data dilakukandenganmenggunakanwawancara observasidandokumentasi.Adapunteknikanalisis data yang digunakandalampenelitianinimelaluibeberapatahapanyaitureduksi data display data danverifikasi data.Pengecekankeabsahan data dilakukandenganmenggunakanpeningkatanketekunan triangulasisumberdantriangulasimetode. Berdasarkanhasilanalisis data tersebut diperolehhasilpenelitiansebagaiberikut.Pertama strategiKoperasiKreditKosayu Malang dalammengoptimalkanpelayanan yaitu membukakeanggotaanbagisemuakalanganmasyarakat yang masihberusiadibawah 17 tahunsampai yang sudah berusia lanjut produklayanankeuangan yang disesuaikandengankebutuhananggota membuka 3(tiga) tempatpelayanansehinggalayananberjalanefektifdanefisien mencetakkalender leaflet x-banner brosur booklet danmembuka stand di kegiatan bazar ataupameransertamembuka forum pertemuandengansekelompokanggotamasyarakattertentu menyelenggarakan program pendidikandanpelatihan sistemkomputerisasi online adanyapejabatkolektor. Kedua program kerjaperiodekepengurusan 2014-2016 di bidangpendidikan yang sudahterlaksana di tahun 2014 yaitukursustingkatdasar peningkatankualitassumberdayamanusia (SDM) pendampingan promosidansosialisasiproduk.Ketiga dalampelaksanaanpendidikan KoperasiKreditKosayu Malang telahmenyampaikanbeberapamaterimengenaikeuangan yaitukewajibandanhakanggota sejarahkoperasikredit simpanandanpinjaman dankeuangankeluarga.Adapunbeberapahal yang telahdilakukanolehKoperasiKreditKosayu Malang untukmengedukasifinansialpadaanggotadanmasyarakatpadaumumnya yaitu (1) Mengedukasianggota agar financial literacymelaluipendidikankursusdasar kursuslanjutdankursusmahir. (2) Menyebarkanbrosur leaflet booklet kalenderdanbukulaporanpertanggungjawabanpengurusdanpengawas. (3) Menciptakanproduk-produkinvestasi yang bisadijangkausecaraluasolehparaanggotadanmasyarakatpadaumumnya. (4) Memberikaninformasimengenaikeuntungandanresikodariprodukinvestasi yang menjadipilihannya. (5) Mengedukasianak-anak agar financial literacydenganmelakukankunjungankesekolah-sekolahdan Orang tuasebagaianggotaKoperasiKreditKosayu Malang dapatmendidikkeunganpadaanakdenganmemperkenalkankoperasimelaluimengajakanaknyakekegiatanpendidikan di koperasisepertikegiatanpendidikanKursusDasardanRapatAnggotaTahunan. Jadikoperasiberperandalammeningkatkanpengetahuananggota khususnyapengetahuanmengenaipengelolaankeuangansehinggaanggotadapatberperilakubijakdalammengelolakeuangandansebagaiupayadalammeningkatkankemampuanfinancial literacy yang dimilikianggota.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39462

Actions (login required)

View Item View Item