Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi terhadap kinerja guru sekolah dasar di Kabupaten Blitar / Diana Kurniawati

Kurniawati, Diana (2019) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi terhadap kinerja guru sekolah dasar di Kabupaten Blitar / Diana Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kurniawati, Diana. 2018. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi terhadap Kinerja Guru SD di Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Burhanuddin, M. Ed, Ph. D, (II) Dr. Asep Sunandar, S.Pd.,M.AP Kata Kunci: kepemimpinan, motivasi, dan kinerja SD di Kabupaten Blitar. Peran kepemimpinan kepala sekolah merupakan kegiatan yang menentukan kemana arah sebuah sekolah itu akan dituju. Kepemimpinan merupakan kegiatan mempengaruhi, mengarahakan, dan mengkoordinasi segala kegiatan organisasi atau kelompok untuk mencapai tujuan organisasi dan kelompok. Dengan demikian peran kepemimpinan kepala sekolah dalam mencapai tujuan pendidikan dengan meningkatkan kinerja guru dalam mensukseskan program pendidikan secara efektif dan efisien. Pentingnya kepemimpinan upaya yang dilakukak untuk mencapai tujuan dengan menggunakan sumberdaya yang ada, dan menjalankan tugas dan kewajibanya sebagai pemimpin. Strategi yang dilakukan adalah dengan menyediakan fasilitas yang menunjang kegiatan pendidikan dengan berbagai kondisi yang cukup. Untuk memotivasi guru supaya berkerja lebih baik. Hingga Kinerja guru meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kepemimpinan kepala sekolah SD Kabupaten Blitar; (2) tingkat motivasi guru SD di Kabupaten Blitar; (3) tingkat kinerja guru SD di Kabupaten Blitar; (4) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi guru SD di Kabupaten Blitar; (5) pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja guru SD di Kabupaten Blitar; (6) pengaruh motivasi terhadap kinerja guru SD di Kabupaten Blitar; Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain correlational multivariate. Teknik yang digunakan adalah analisis faktor dan analisis jalur dengan menggunakan sampel penelitian SD di 2 kecamatan Garum dan Gandusari yakni total kepala sekolah dan guru SD dengan total 20 SD dengan total responden 180. Metode pengumpulan data berupa kuesioner tertutup dengan 67 item pernyataan dan pilihan jawaban skala likert 1-5. Hasil penelitian ini menunjukan;(1) kepemimpinan kepala sekolah SD di Kabupaten Blitar tergolong tinggi; (2) motivasi guru SD di Kabupaten Blitar sedang; (3) kinerja guru SD di Kabupaten Blitar berada pada klasifikasi tinggi; (4) terdapat pengaruh positif dan langsung kepamimpinan terhadap kinerja; (5) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi guru terhadap kinerja guru. Sehingga terdapat pengaruh yang siknifikan antara motivasi guru terhadap kinerja guru SD di Kabupaten Blitar. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi mempunyai pengaruh yang besar terhadap kinerja guru SD di Kabupaten Blitar. Melihat hasil penelitian ini, diusulkan beberapa upaya untuk kepala sekolah dan guru SD di Kabupaten Blitar perlu beberapa hal yang harus diperbaiki meliputi kemampuan kepala sekolah dalam membimbing dan mengarahkan bawhanya untuk bekerja dengan efektif dan efisien, kemudian kemampuan berkomunikasi serta ketrampilan dalam mengelola program pendidikan, dan data pendidikan sekolah sehingga kepala sekolah mempunyai strategi yang tepat untuk meningkatkan motivasi dan kinerja guru dalam mencapai tujuan pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3946

Actions (login required)

View Item View Item