Pengaruh tingkat kesejahteraan, profesionalitas guru, dan komitmen sertifikasi terhadap kinerja guru ekonomi MAN se-kabupaten Jombang / Aditya E. Trisnawaty - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh tingkat kesejahteraan, profesionalitas guru, dan komitmen sertifikasi terhadap kinerja guru ekonomi MAN se-kabupaten Jombang / Aditya E. Trisnawaty

Trisnawaty, Aditya E. (2015) Pengaruh tingkat kesejahteraan, profesionalitas guru, dan komitmen sertifikasi terhadap kinerja guru ekonomi MAN se-kabupaten Jombang / Aditya E. Trisnawaty. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Trisnawaty Aditya. 2015. Pengaruh Tingkat Kesejahteraan Profesionalitas Guru dan Komitmen Sertifikasi terhadap Kinerja Guru Ekonomi MAN se-Kabupaten Jombang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hari Wahyono M.Pd (2) Dr. Hj. Lisa Rokhmani M.Si. Kata Kunci Tingkat Kesejahteraan Profesionalitas Guru Komitmen Sertifikasi Kinerja Guru Era globalisasi saat ini ditandai dengan adanya persaingan yang menuntut semua pihak untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam berbagai bidang salah satunya adalah pendidikan. Pendidikan merupakan proses pembentukan sumber daya manusia berkualitas dan yang berperan penting untuk mewujudkannya adalah guru. Melalui Undang-Undang No.14 tentang Guru dan Dosen yang tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas guru juga menjanjikan jaminan kesejahteraan guru jaminan sosial serta hak dan kewajiban guru. Sertifikasi merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pembelajaran serta peningkatan kesejahteraan guru sehingga diharapkan dapat meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh tingkat kesejahteraan profesionalitas dan komitmen sertifikasi terhadap kinerja guru ekonomi khususnya guru bidang studi ekonomi di MAN se-Kabupaten Jombang. Penelitian termasuk penelitian kuantitatif yang bersifat eksplanasi karena bertujuan menjelaskan ada tidaknya pengaruh antara variabel bebas yaitu tingkat kesejahteraan profesionalitas dan komitmen sertifikasi terhadap variabel terikat yaitu kinerja guru. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru matapelajaran ekonomi di MAN se-Kabupaten Jombang tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah total 36 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 16.0 for windows. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukan bahwa (1) tingkat kesejahteraan berpengaruh negative terhadap kinerja guru ditunjukan dengan nilai sig sebesar 0 008 dengan pengaruh sebesar -1% (2) profesionalitas ada pengaruh positif terhadap kinerja guru namun tidak signifikasn ditunjukan dengan nilai sig 0.640 dengan pengaruh sebesar 2.18% (3) komitmen sertifikasi berpengaruh positif terhadap kinerja guru ditunjukan dengan nilai sig 0.000 dengan pengaruh sebesar 39.09% (4) tingkat kesejahteraan profesionalitas dan komitmen sertifikasi berpengaruh secara simultan terhadap kinerja guru yang ditunjukkan dengan nilai sig sebesar 0.001 dengan pengaruh sebesar 40.2%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut maka diperoleh kesimpulan bahwa (1) terdapat pengaruh negativ tingkat kesejahteraan terhadap kinerja guru ekonomi MAN se-Kabupaten Jombang (2) terdapat pengaruh positif profesionlitas guru terhadap kinerja guru ekonomi MAN se-Kabupaten Jombang (3) terdapat pengaruh positif komitmen sertifikasi terhadap kinerja guru ekonomi MAN se-Kabupaten Jombang (4) terdapat pengaruh secara simultan tingkat kesejahteraan profesionalitas guru dan komitmen sertifikasi terhadap kinerja guru ekonomi MAN se-Kabupaten Jombang. Saran yang diberikan penulis dalam penelitian ini kepada (1) sekolah hendaknya mengoptimalkan dan meningkatkan pengembangan pendidikan khususnya dalam mata pelajaran ekonomi (2) diharapkan guru ekonomi MAN se-Kabupaten Jombang yang telah lulus program sertifikasi untuk mempertahankan dan meningkatkan profesionalismenya sehingga tujuan sertifikasi guru untuk menentukan kelayakan guru dapat terlaksana dan tercapa (3) peneliti lain dapat menambah bahan kajian dalam penelitian ini karena pada dasarnya masih banyak faktor yang berpengaruh terhadap kinerja guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39455

Actions (login required)

View Item View Item