Analisis prestasi hasil belajar siswa berdasarkan status sosial ekonomi orang tua dan tingkat pemanfaatan fasilitas belajar / Mahatma Dionickora - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis prestasi hasil belajar siswa berdasarkan status sosial ekonomi orang tua dan tingkat pemanfaatan fasilitas belajar / Mahatma Dionickora

Dionickora, Mahatma (2015) Analisis prestasi hasil belajar siswa berdasarkan status sosial ekonomi orang tua dan tingkat pemanfaatan fasilitas belajar / Mahatma Dionickora. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dionickora Mahatma. 2015. Analisis Prestasi Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Tingkat Pemanfaatan Fasilitas Belajar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (i) Dr. Sugeng Hadi Utomo M.Ec (ii) Dr. Hj. Lisa Rokhmani M.Si Kata Kunci Hasil Belajar Status Sosial Ekonomi Fasilitas Belajar. Di era global semua orang akan berkompetisi untuk meraih segala keinginan dalam sebuah kompetisi pendidikan mempunyai peranan penting dalam membekali diri. Keberhasilan pendidikan dapat di ukur dengan maksimal dengan hasil belajar. Hasil belajar yang optimal dipengaruhi beberapa faktor yaitu yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dalam penelitian ini penulis melihat evaluasi belajar dari sisi faktor eksternal yaitu dari status ekonomi orang tua dan tingkat pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Batu berdasarkan status social ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa dan hubungan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Batu berdasarkan tingkat pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah. Penelitian ini mengunakan penelitian eksplanatori bertujuan menjelaskan dan menganalisis variabel tertentu secara obyektif kondisi empiris yang akan dijelaskan dan dianalisis adalah pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel independen dan satu variabel dependen. Dari 142 populasi diambil sampel berjumlah 105 siswa pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner dan dokumentasi. Teknik kuesioner dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang status social ekonomi keluarga dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah. Sedangkan teknik dokumentasi dipergunakan untuk mengumpulkan data tenang hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Data dianalisis dengan teknik deskriptif dan uji Chi Square dengan bantuan komputer program SPSS 17.0 for Windows. Hasil-hasil analisis dan pembahasan memberikan beberapa kesimpulan sebagai berikut 1) Status sosial ekonomi orang tua siswa berhubungan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS di SMA Negeri 1 Batu. 2) Pemanfaatan fasilitas belajar siswa di sekolah berhubungan terhadap hasil belajar siswa kelas X IIS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Batu. Kedua variabel dalam penelitian ini mempunyai hubungan dengan hasil belajar. Saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu 1) Sebagai bahan masukan bagi guru untuk dapat lagi meningkatkan pengelolaan kelas dalam kegiatan pembelajaran terlebih lagi pada penggunaan fasilitas sekolah agar guru dapat menyempurnakan kegiatan belajar mengajar sehingga siswa tidak memiliki kejenuhan ketika pembelajaran sedang berlangsung. 2) Sebagai masukan bagi sekolah bahwa penyediaan fasilitas belajar harus diutamakan sebagai penunjang pembelajaran di kelas itu sendiri sehingga efektif dan efisien dengan kualitas yang membanggakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39451

Actions (login required)

View Item View Item