Implementasi pembelajaran dengan model Team game Tournament (TGT) sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas X SMA negeri Mojoagung tahun pelajaran 2014/2015 / Ratna Wahyu Purwaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran dengan model Team game Tournament (TGT) sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas X SMA negeri Mojoagung tahun pelajaran 2014/2015 / Ratna Wahyu Purwaningtyas

Purwaningtyas, Ratna Wahyu (2015) Implementasi pembelajaran dengan model Team game Tournament (TGT) sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas X SMA negeri Mojoagung tahun pelajaran 2014/2015 / Ratna Wahyu Purwaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purwaningtyas Ratna Wahyu. 2015. Implementasi Pembelajaran Dengan Model Team Game Tournament (TGT) Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas X Sma Negeri Mojoagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Lisa Rokhmani M.Si (II) Drs. Mardono M.Si Kata Kunci Model Pembelajaran Team Games Tournament Prestasi Belajar. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan yang dilakukan peneliti di kelas X-IIS3 SMA Negeri Mojoagung metode yang sering digunakan pada pelajaran ekonomi adalah metode ceramah yang mengakibatkan siswa cenderung pasif. Prestasi belajar siswa juga kurang memuaskan. Kurangnya kesempatan bagi siswa untuk ikut aktif dalam pembelajaran akibatnya siswa merasa jenuh dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan selama proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari ulangan harian siswa pada materi peran pelaku ekonomi dan pasar dimana tidak lebih dari 80% dan 50% siswa kelas X-IIS3 yang nilainya lebih dari 75 pada rentang 0-100. Oleh karena itu peneliti menerapkan model Team Games Tournament di kelas X-IIS3 tersebut. Diharapkan dengan penerapan model Team Games Tournament siswa dapat meningkatkan prestasi belajar yang baik. Penelitian ini dimaksudkan untuk rancangan pembelajaran dan mendiskripsikan tentang proses pembelajaran ekonomi dengan menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi 1) hasil observasi selama proses pembelajaran yang berpedoman pada lembar observasi 2) hasil catatan lapangan 3) hasil tes. Data penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan presentase siswa yang lulus SKBM (Standar Ketuntasan Belajar Minimal) yang ditetapkan sekolah pada siklus II yakni 88.9% siswa kelas X-IIS3 memeperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 75. Berdasarkan penelitian tersebut model pembelajaran Team Games Tournament yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa memiliki lima komponen yaitu (1) presentasi kelas (2) belajar kelompok (3) permainan (4) kompetisi/ turnamen dan (5) penghargaan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka peneliti menyarankan kepada guru untuk menjadikan model pembelajaran Team Games Tournament sebagai alternative model pembelajaran untuk diterapkan di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39450

Actions (login required)

View Item View Item