Manajemen ekstrakurikuler literasi (studi kasus di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Kota Malang) / Mochammad Agung Eka Pratama

Pratama, Mochammad Agung Eka (2019) Manajemen ekstrakurikuler literasi (studi kasus di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Kota Malang) / Mochammad Agung Eka Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Pratama, Mochammad Agung Eka. 2019. Manajemen Ekstrakurikuler Literasi (Studi Kasus di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Kota Malang). Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Mustiningsih, M.Pd, (II) Desi Eri Kusumaningrum, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: manajemen ekstrakurikuler, ekstrakurikuler literasi Ekstrakurikuler merupakan suatu kegiatan yang terkoordinasi terarah dan terpadu dengan kegiatan sekolah lainnya dalam menunjang pencapaian tujuan dari kurikulum sekolah. SMKN 3 Malang mempunyai ekstrakurikuler yang unik yang bernama ÔÇ£Pendekar PustakaÔÇØ. ÔÇ£Pendekar PustakaÔÇØ merupakan ekstrakurikuler yang berbasis perpustakaan dan tidak banyak sekolah yang mempunyai ekstrakurikuler berbasis perpustakaan ini. ÔÇ£Pendekar PustakaÔÇØ mempunyai visi untuk meningkatkan minat baca yang ada di SMKN 3 Malang. Berkaitan dengan hal tersebut, diperlukan penelitian mengenai manajamen ekstrakurikuler literasi ÔÇ£Pendekar PustakaÔÇØ. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang karakteristik kegiatan ekstrakurikuler literasi ÔÇ£Pendekar PustakaÔÇØ, manajemen ekstrakurikuler literasi ÔÇ£Pendekar PustakaÔÇØ, kendala ekstrakurikuler literasi ÔÇ£Pendekar PustakaÔÇØ, dan upaya untuk mengatasi kendala ekstrakurikuler literasi ÔÇ£Pendekar PustakaÔÇØ. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Peneliti menggali lebih mendalam mengenai peristiwa yang ada di lapangan. Peneliti merupakan instumen kunci yang menjadi perencana, pelaksana, pengumpul data, dan analisis data di lapangan secara berkelanjutan sesuai dengan jadwal dan menyesuaikan dengan kegiatan yang ada di sekolah. Teknik pengumpulan yang digunakan peneliti untuk mendapatkan data yaitu dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tahap yang dilakukan peneliti untuk proses analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah tahap analisis, peneliti melakukan pengecekan keabsahan data penelitian dengan kriteria kredibilitas. Kriteria kredibiltas yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik, meningkatkan ketekunan, dan pemeriksaan/diskusi teman sejawat. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh 4 temuan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, karakteristik kegiatan ekstrakurikuler literasi ÔÇ£Pendekar PustakaÔÇØ meliputi: (a) anggota menyukai membaca, sering berkunjung ke perpustakaan, dan pendiam, (b) ekstrakurikuler yang berbasis perpustakaan, (c) kreatif dalam kegiatan sebagai upaya menjadikan ekstrakurikuler favorit, (d) anggota mampu mempresentasikan dengan baik saat demo ekstrakurikuler, (e) ekstrakurikuler literasi ÔÇ£Pendekar PustakaÔÇØ membantu program literasi sekolah (f) pembina adalah seorang pustakawan dari perpustakaan sekolah, dan (g) sarana dan prasarana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler berada di perpustakaan Kedua, manajemen ekstrakurikuler literasi ÔÇ£Pendekar PustakaÔÇØ diawali proses perencanaan dan diakhiri proses evaluasi. Proses perencanaan ekstrakurikuler literasi ÔÇ£Pendekar PustakaÔÇØ meliputi: a) menentukan tujuan ekstrakurikuler, b) merencanakan silabus ekstrakurikuler, c) menentukan target ekstrakurikuler, d) merencanakan vi pengajuan anggaran dana, dan e) menentukan output ekstrakurikuler. Proses pengorganisasian ekstrakurikuler literasi ÔÇ£Pendekar PustakaÔÇØ meliputi: (a) menentukan tugas dan wewenang pembina, (b) menentukan jadwal pemateri, (c) menentukan proses perekrutan anggota baru, dan (d) menentukan kriteria anggota yang akan masuk dalam kepengurusan ekstrakurikuler. Proses pelaksanaan ekstrakurikuler literasi ÔÇ£Pendekar PustakaÔÇØ meliputi: (a) pelaksanaan jadwal pemateri, (b) pelaksanaan program kerja dari minggu 1-4, (c) penjumlahan anggota, (d) penjalinan kerjasama dengan sekolah lain. Proses evaluasi ekstrakurikuler literasi ÔÇ£Pendekar PustakaÔÇØ meliputi: (a) evaluasi program kerja selama 1 semester, (b) evaluasi dilakukan pada awal semester dan setelah kegiatan, (c) evaluasi membahas kekurangan ÔÇ£Pendekar PustakaÔÇØ, kekurangan saat pelaksanaan kegiatan, dan (d) evaluasi dilakukan oleh pembina dan anggota ekstrakurikuler Ketiga, kendala yang ada dalam ekstrakurikuler literasi ÔÇ£Pendekar PustakaÔÇØ terdapat dalam seluruh proses manajemen ekstrakurikuler. Kendala dalam proses perencanaan yaitu: belum adanya pakem materi dan perbedaan pendapat antar pembina. Kendala dalam proses pengorganisasian yaitu: kurangnya durasi waktu saat demo ekstrakurikuler dan anggota tidak mau secara sukarela masuk ke dalam kepengurusan. Kendala dalam proses pelaksanaan yaitu: jadwal bertabrakan dengan ekstrakurikuler lain dan kekurangan kendaraan. Sedangkan untuk kendala proses evaluasi yaitu: anggota tidak datang saat pelaksanaan evaluasi dan anggota malu untuk mengemukakan pendapat. Keempat, upaya untuk menangani kendala yang ada dalam manajemen ekstrakurikuler literasi ÔÇ£Pendekar PustakaÔÇØ yaitu: untuk mengatasi kendala proses perencanaan yaitu: (a) meminta saran kepada anggota ekstrakurikuler, (b) sharing dengan sekolah lain, dan (c) diskusi antar pembina. Untuk mengatasi kendala proses pengorganisasian yaitu: menghilangkan bagian yang tidak terlalu penting saat demo ekstrakurikuler, menunjuk secara langsung anggota untuk masuk kepengurusan. Untuk mengatasi proses pelaksanaan yaitu: memundurkan jadwal ekstrakurikuler, menyewa angkot/naik Grab. Dan untuk mengatasi kendala proses evaluasi yaitu: melakukan evaluasi saat jadwal ekstrakurikuler, menunjuk setiap anggota dan mewajibkan mengemukakan pendapat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3945

Actions (login required)

View Item View Item