Analisis upaya guru ekonomi dalam mengembangkan minat siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 7 Malang / Nurul Hidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis upaya guru ekonomi dalam mengembangkan minat siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 7 Malang / Nurul Hidayah

Hidayah, Nurul (2015) Analisis upaya guru ekonomi dalam mengembangkan minat siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 7 Malang / Nurul Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayah Nurul. 2015. Analisis Upaya Guru Ekonomi Dalam Mengembangkan Minat Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 7 Malang. Skripsi Progam Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan EkonomiEkonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agung Haryono S.E. M.P. Ak (II) Dr. Hadi Sumarsono S.T. M.Si Kata Kunci upaya guru mengembangkan minat mata pelajaran ekonomi faktor pendukung faktor penghambat Faktor internal siswa yang mempengaruhi belajar salah satunya adalah minat. Minat dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal siswa. Faktor eksternal yang berada di kelas adalah guru materi pelajaran media pembelajaran dan teman kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengembangkan minat pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 7 Malang beserta faktor pendukung dan penghambatnya berdasarkan faktor eksternal siswa yaitu guru materi pelajaran media pembelajaran dan teman kelas. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitiandeskriptif kualitatif. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Data penelitian berupa pemaparan hasil observasi guru hasil wawancara dengan siswa berkaitan dengan minatdanupaya guru serta hasil wawancara guru yang mencangkup upaya guru serta data dokumentasi guru berupasurattugas. Keabsahan data menggunakan trianggulasi data. Berdasarkan hasil analisisdata ditemukan 21 upaya guru dan dua faktor pendukung serta dua faktor penghambat upaya guru. Upaya-upaya tersebut adalah memberikancontohkegiatanekonomi yang berhubungandengansiswa memilih nomor urut presentasi dengan permainan mengaitkanmateridengankegiatanberkoperasi menggunakan sistem poin plus memberikan pertanyaan acak menggunakan sistem poin minus tidak membatasi pertanyaan mengalihkan pertanyaan pada siswa lain melakukan sistem rolling tempat duduk mengarahkan keterlibatan siswa dengan berwirausaha peran komunikator guru dengan bahasa yang mudah dipahami peran demonstrator dengan melibatkansiswadalampemberiancontoh peran mediator dengan menyediakan alat media pembelajaran peran evaluator dengan pembentukan kelompok menumbuhkan budaya malu serta melakukan refleksi keterampilan gaya pembelajaran dengan memberikanpenguatandanmotivasi keterampilan model pembelajaran dengan diskusi kelas tanya-jawab dan ceramah keterampilan keragaman pembelajaran dengan membedakan kebutuhan belajar siswa menggunakan LKS dan membebaskan sumber materi pelajaran memberikesempatan siswa memilih media pembelajaran untuk presentasi pembentukan kelompok serta memberikan pertanyaan pada teman kelas yang mengganggu. Sedangkan dua faktor pendukung tersebut adalah faktor guru dan media pembelajaran serta faktor penghambatnya adalah teman kelasdanmateripelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39447

Actions (login required)

View Item View Item