Pengaruh sertifikasi guru ekonomi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri di Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2014/2015 / Maeni Nur Ramadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh sertifikasi guru ekonomi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri di Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2014/2015 / Maeni Nur Ramadhani

Ramadhani, Maeni Nur (2015) Pengaruh sertifikasi guru ekonomi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri di Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2014/2015 / Maeni Nur Ramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ramadhani Maeni Nur. 2015. Pengaruh Sertifikasi Guru Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Di Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Mardono M.Si (2) Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo S.Th M.Div M.E Kata Kunci Sertifikasi Guru Kompetensi Guru Hasil Belajar Sertifikasi guru merupakan salah satu wujud perhatian pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Sertifikasi guru berarti bahwa guru tersebut telah memenuhi kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki guru dalam meningkatkan mutu pendidikan yang dapat dilihat dari keberhasilan guru mentrasfer ilmu kepada siswa yang akan tampak pada hasil belajar siswa. Namun dalan kenyataannya masih terdapat siswa yang masih belum dapat mengikuti pembelajaran dengan baik sehingga hasilnyapun tidak maksimal. Berkaitan dengan itu diperlukan penelitian untuk melihat pengaruh sertifikasi guru terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara sertifikasi guru terhadap hasil belajar siswa. Sertifikasi guru tersebut dilihat dari kompetensi yang dimiliki oleh guru. Kompetensi tersebut adalah kompetensi Pedagogik Kompetensi personal kompetensi Profesional dan kompetensi sosial. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif korelasional. Data dalam penelitian ini berupa data angket untuk mengukur kompetensi guru dan dokumen untuk hasil belajar siswa. Pengolahan data menggunakan bantuan program SPSS 16 for windows. Berdasarkan hasil analisis data tersebut didapatkan lima kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama adalah terdapat pengaruh kompetensi Pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri di Kabupaten Tulungagung. Semakin baik kompetensi pedagogik guru akan semakin baik pula hasil belajar siswa. Kedua terdapat pengaruh signifikan antara Kompetensi Personal guru ekonomi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri di Kabupaten Tulungagung. Semakin baik kompetensi personal guru akan semakin baik pula hasil belajar siswa. Ketiga terdapat pengaruh signifikan antara Kompetensi Professional guru ekonomi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri di Kabupaten Tulungagung. Semakin baik kompetensi Profesional guru akan semakin baik pula hasil belajar siswa. Keempat terdapat pengaruh signifikan antara Kompetensi Sosial guru ekonomi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri di Kabupaten Tulungagung. Semakin baik kompetensi sosial guru akan semakin baik pula hasil belajar siswa. Terakhir terdapat pengaruh signifikan antara sertifikasi guru ekonomi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri di Kabupaten Tulungagung. Semakin baik kompetensi-kompetensi yang dimiliki guru akan semakin baik pula hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39445

Actions (login required)

View Item View Item