Anggraini, Endah (2015) Pengaruh teknologi informasi, teman sebaya dan status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif siswa SMA Negeri 6 Malang / Endah Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Anggraini Endah. 2015. Pengaruh Teknologi Informasi Teman Sebaya dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMA Negeri 6 Malang. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Achmad Ali Wafa M.Pd (II) Dr. Sugeng Hadi Utomo M.Ec. Kata Kunci Teknologi Informasi Teman Sebaya Status Sosial Ekonomi Perilaku Konsumtif. Dengan adanya perubahan jaman membuat teknologi informasi berkembang dengan sangat pesat. Banyak informasi yang dapat seseorang bahkan siswa peroleh dari situs-situs yang ada di internet. Kedekatan siswa dengan teman sebaya juga akan memberikan banyak informasi yang diinginkan. Informasi yang diperoleh dari teman sebaya ini akan mempengaruhi perilaku yang dimiliki oleh siswa. Orang tua juga dapat memberikan pengaruh pada anaknya karena pastinya para siswa akan menuruti semua yang diajarkan oleh orang tua yang akan menjadi kebiasaan bagi siswa. Itu sebabnya perilaku konsumsi yang dimiliki oleh siswa SMA dipengaruhi oleh beberapa hal tersebut. Dengan sikap siswa SMA yang mudah sekali terpengaruh ini maka perilaku konsumsi siswa akan cenderung mengarah ke perilaku konsumtif. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh teknologi informasi terhadap perilaku konsumtif siswa SMA Negeri 6 Malang pengaruh teman sebaya terhadap perilaku konsumtif siswa SMA Negeri 6 Malang pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif siswa SMA Negeri 6 Malang dan pengaruh teknologi informasi teman sebaya dan status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif siswa SMA Negeri 6 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksplanasi kuantitatif. Data penelitian ini diambil dari hasil angket yang telah diisi oleh siswa SMA Negeri 6 Malang kelas X IIS. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah 98 siswa yang terdiri dari empat kelas di X IIS. Kegiatan analisis data dimulai dari analisis deskriptif uji asumsi klasik analisis linier berganda dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh empat kesimpulan sebagai berikut (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara teknologi informasi terhadap perilaku konsumtif. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara teman sebaya terhadap perilaku konsumtif siswa. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif siswa. (4) terdapat pengaruh yang simultan antara teknologi informasi teman sebaya dan status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39440 |
Actions (login required)
View Item |