Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Malang / Alfi Muffaidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Malang / Alfi Muffaidah

Muffaidah, Alfi (2015) Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Malang / Alfi Muffaidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muffaidah Alfi. 2015. Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Prih Hardinto M.Si. (II) Dr. Nasikh M.P M.Pd. Kata Kunci Implementasi Kurikulum 2013 Pembelajaran Ekonomi. Pada dasarnya kurikulum menempati posisi sentral dalam keseluruhan proses pendidikan. Kurikulum sebagai posisi sentral dalam pendidikan dapat dilihat dari posisi kurikulum dalam mewujudkan tujuan pendidikan. Dalam mencapai tujuan-tujuan pendidikan yang dicapai seharusnya dukungan dari berbagai aspek dan komponen pendidikan lainnya yang terdiri dari tenaga pendidik anak didik alat dan situasi pendidikan. Implementasi Kurikulum 2013 dapat ditinjau dari proses perencanaan proses kegiatan belajar mengajar dan Proses evaluasi atau penilaian. Dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 adanya perubahan mendasar dalam proses pembelajaran yaitu mengubah pandangan bahwa guru bukanlah kunci/ pusat keberhasilan proses belajar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendiskripsikan beberapa hal yang mencakup implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif berupa paparan kutipan wawancara yang diperoleh dari hasil wawancara dengan semua guru ekonomi di SMA Negeri 6 Malang dan observasi proses pembelajaran. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian fenomenologis. Analisis data melalui proses reduksi data display data verivikasi data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan pemahaman guru- guru ekonomi di SMA Negeri 6 Malang sudah baik namun belum bisa menjelaskan secara rinci apa tujuan dari kurikulum 2013. Implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran ekonomi juga belum optimal. Dikarenakan para peserta didik belum terbiasa dengan penggunaan metode 5M. Karakteristik peserta didik yang apatis membuat metode diskusi didalam kelas tidak hidup dan belum mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Dengan berbagai kendala para guru tetap berusaha melaksanakan pembelajaran ekonomi dengan metode 5M dengan baik dan berusaha untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam proses penilaian guru- guru ekonomi belum menggunakan teknik dan instrument penilaian Kurikulum 2013 tetapi sudah berusaha sebaik- baiknya dalam proses penilaian dan menghindari subjektifitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39437

Actions (login required)

View Item View Item