Mind mapping dalam pembangunan kreativitas siswa mata pelajaran ekonomi / Ayuniva Recinta Nuraenny Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Mind mapping dalam pembangunan kreativitas siswa mata pelajaran ekonomi / Ayuniva Recinta Nuraenny Putri

Putri, Ayuniva Recinta Nuraenny (2015) Mind mapping dalam pembangunan kreativitas siswa mata pelajaran ekonomi / Ayuniva Recinta Nuraenny Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Ayuniva R.N. 2015. Mind Mapping dalam Membangun Kreativitas Siswa Mata Pelajaran Ekonomi. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Prih Hardinto M.Si (II) Ro ufah Inayati S.Pd M.Pd. Kata Kunci Mind Mapping Kreativitas. Selama ini pembelajaran di kelas lebih banyak difokuskan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Guru kurang memperhatikan sisi kreativitas siswa. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membangun kreativitas siswa. Salah satunya adalah dengan cara menerapkan model pembelajaran Mind Mapping. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keefektifan proses belajar menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dalam membangun kreativitas siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jenis data yang digunakan adalah data primer dimana data tersebut bersumber dari aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi sedangkan sumber data pada penelitian ini adalah guru dan/atau siswa kelas X IIS 3 SMA Negeri 6 Malang. Pengumpulan data ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi. Kegiatan validasi konstruk dilakukan untuk menjaga keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar menggunakan model pembelajaran Mind Mapping cukup efektif dalam membangun kreativitas siswa dalam pembelajaran Ekonomi. Hal ini dapat ditunjukkan dengan adanya analisis hasil kreativitas siswa yang telah diklasifikasikan menjadi kategori rendah sedang dan tinggi. Berdasarkan hasil tersebut disarankan bagi guru mata pelajaran Ekonomi khususnya di kelas X IIS 3 SMA Negeri 6 Malang untuk menjadikan model pembelajaran Mind Mapping sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dalam membangun kreativitas siswa namun sebelum guru mengajak siswa membuat Mind Map sebaikanya perlu dilakukan 1 tahapan lagi yakni meaning full learning. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya disarankan dapat menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dalam penelitiaannya dengan subyek yang berbeda untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas guna meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39434

Actions (login required)

View Item View Item