Pengaruh minat belajar dan kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas VIII Taman Siswa Turen tahun ajaran 2014/2015 / Amilya Fitria Ningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat belajar dan kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas VIII Taman Siswa Turen tahun ajaran 2014/2015 / Amilya Fitria Ningrum

Ningrum. Amilya Fitria (2015) Pengaruh minat belajar dan kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas VIII Taman Siswa Turen tahun ajaran 2014/2015 / Amilya Fitria Ningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitria Ningrum Amilya.2015. Pengaruh Minat Belajar dan Kedisiplinan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII SMP Taman Siswa Turen. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing I.Dr. Imam Mukhlis SE. M.Si II.Dr.Hj. Lisa Rokhmani M.Si Kata Kunci Minat Belajar Kedisiplinan Siswa Hasil Belajar Minat belajar adalah suatu rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas tanpa ada yang menyuruh. Kedisiplinan belajar adalah sikap mental yang tercermin dalam perbuatan tingkah laku perorangan kelompok atau masyarakat berupa kepatuhan atau ketaatan terhadap peraturan ketentuan etika norma dan kaidah yang berlaku. Hasil belajar belajar itu sendiri diambil dari ujian tengah semester dari guru mata pelajaran ekonomi kelas VIII SMP Taman Siswa Turen. Tujuan dari penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil Belajar Siswa mata pelajaran Ekonomi kelas VIII SMP TAMAN SISWA TUREN tahun ajaran 2013/2014 (2)Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Ekonomi kelas VIII SMP TAMAN SISWA TUREN tahun ajaran 2013/2014 (3)Untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Ekonomi kelas VIII SMP TAMAN SISWA TUREN tahun ajaran 2013/2014. Hipotesis dari penelitian ini adalah (1)Ada pengaruh minat belajar berepengaruh terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Ekonomi kelas VIII SMP TAMAN SISWA TUREN tahun ajaran 2013/2014. (2)Ada pengaruh kedisiplinan belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Ekonomi kelas VIII SMP TAMAN SISWA TUREN tahun ajaran 2013/2014. (3)Ada pengaruh minat belajar dan kedisiplinan belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Ekonomi kelas VIII SMP TAMAN SISWA TUREN tahun ajaran 2013/2014 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan bersifat eksplanasi karena bertujuan menjelaskan ada tidaknya pengaruh dan besaran pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Taman Siswa Turen yang berjumlah 311 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling yang mana sampel diambil secara acak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanasi dengan teknik analisis regresi berganda. Variabel penelitian antara lain minat belajar (X_1) kedisiplinan belajar (X_2) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (Y). Teknik pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh tiga kesimpulan (1) ada pengaruh antara variabel minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Taman Siswa Turen dalam kategori tinggi yaitu sebanyak 64 2%. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi minat belajar semakin tinggi pula hasil belajar (2) ada pengaruh antara variabel kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar kelas VIII SMP Taman Siswa Turen dalam kategori tinggi yaitu sebanyak 46 25% . Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kedisiplinan belajar semakin tinggi pula hasil belajar (3) ada pengaruh minat belajar dan kedisiplinan belajar variabel-variabel tersebut secara bersama-sama mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMP Taman Siswa Turen dalam kategori rendah yaitu sebanyak 39%. Saran dari penelitian ini adalah (1)Bagi Guru disarankan untuk lebih membuat proses pembelajaran pada mata pelajaran Ekonomi kelas VIII SMP Taman Siswa Turen lebih menarik dengan menggunakan model-model belajar yang menarik sesuai dengan materi yang akan disampaikan dengan begitu siswa akan lebih senang semangat dan tertarik dalam mengikuti mata pelajaran ekonomi karena dengan perasaan senang semangat yang tinggi dan ketertarikan siswa juga dapat mempengaruhi hasil belajar yang baik. (2)Bagi peneliti selanjutny diharapkan dapat memperluas dan mencari variabel lain di luar variabel yang digunakan peneliti karena pada dasarnya banyak variabel yang lain yang bisa mempengaruhi hasil belajar siswa sehingga peneliti selanjutnya dapat mengungkapkan lebih banyak permasalahan tentang variabel-variabel yang berpengaruh hasil belajar memberikan hasil dari temuan penelitian yang lebih berarti dan lebih bermanfaat lagi bagi semua pihak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39433

Actions (login required)

View Item View Item