Pengaruh kondisi ekonomi orangtua, pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga dan perhatian orangtua terhadap hasil belajar siswa kelas X Ilmu Soaial pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 7 Malang tahun ajaran 2014/2015 / Wintang Kalbu Pengestu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kondisi ekonomi orangtua, pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga dan perhatian orangtua terhadap hasil belajar siswa kelas X Ilmu Soaial pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 7 Malang tahun ajaran 2014/2015 / Wintang Kalbu Pengestu

Pengestu, Wintang Kalbu (2015) Pengaruh kondisi ekonomi orangtua, pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga dan perhatian orangtua terhadap hasil belajar siswa kelas X Ilmu Soaial pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 7 Malang tahun ajaran 2014/2015 / Wintang Kalbu Pengestu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pangestu Wintang Kalbu. 2015. PengaruhKondisiEkonomiOrangtua PendidikanEkonomi di LingkunganKeluargadanPerhatianOrangtua pada Proses Belajar SiswaterhadapHasilBelajarSiswa Kelas X Ilmu Sosial pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 7 Malang Tahun Pelajaran 2014/2015.Skripsi.JurusanEkonomi Pembangunan FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. Lisa Rokhmani M.Si (2) Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo STh M.Div M.E Kata Kunci KondisiEkonomiOrangtua PendidikanEkonomi di LingkunganKeluarga PerhatianOrangtua Pada Proses Belajar Siswa HasilBelajar. Pendidikan merupakan hal yang mutlak yang harus di penuhi dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusiai. Keadaan ekonomi orangtua pada siswa turut juga mendukung siswa dalam pengadaan sarana dan prasarana belajar yang akan memudahkan dan membantu pihak sekolah untuk meningkatkan proses belajar dan mengajar disekolah. Seperangkat pengajaran atau pembelajaran membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Perhatian orangtua menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa hal ini tentunya dipengaruhi oleh kondisi rumah dan keharmonisan keluarga. Dengan adanya perhatian orangtua maka anak akan merasa diperhatikan terutama dalam proses pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latar belakang ekonomi pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga dan perhatian orangtuaterhadap hasil belajar. Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahmetodekuantitatif. Data dianalisisdenganteknikprosentase korelasi danregresidenganbantuankomputer program SPSS 16.0 for Windows.Sampeldalampenelitianiniadalahsiswakelas X Ilmu Sosial di SMA Negeri7 Malang yang berjumlah59siswa. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada kondisi ekonomi orangtua terhadap hasil belajar siswa kelas X Ilmu Sosial SMA Negeri 7 Malang Sebesar 2 97 %. Pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas X Ilmu Sosial di SMA Negeri 7 Malang sebesar 30 15 %. Dan pengaruh perhatian orangtua pada proses belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas X Ilmu Sosial SMA Negeri 7 Malang sebesar 17 49 %. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwakondisi ekonomi orangtua pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga dan perhatianorangtua pada proses belajar siswamempunyaipengaruhbaiksecaraparsialmaupunsimultanterhadaphasilbelajarsiswakelasX Ilmu Sosial SMANegeri 7 Malang.Oleh karena itu diharapkan bagi orangtua mampu memberikan bimbingan mengarahkan dan menciptakan lingkungan yang baik bagi sekolah memperhatikankebutuhansiswauntukmeningkatkanhasilbelajarnyayang lebihbaik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39431

Actions (login required)

View Item View Item